8 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik untuk Tulang dan Kesehatan Tubuh

Rosmha Widiyani - detikFood Kamis, 13 Agu 2020 10:30 WIB
Morning meal, Colorful cereal with milk in white bowl Foto: iStock/8 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik untuk Tulang dan Kesehatan Tubuh
Jakarta -

Kalsium merupakan jenis mineral yang sangat diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak atau sedikit. Mineral kalsium ternyata sangat mudah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari melalui makanan.

Dikutip dari situs National Health Service (NHS), sedikitnya ada delapan makanan yang mengandung kalsium. Tentunya sumber makanan berkalsium ini bisa diolah menjadi hidangan enak dan tidak membosankan.

Berikut, delapan makanan yang mengandung kalsium:

1. Susu dan produk turunannya misal keju, yogurt, dan makanan lain

2. Sayuran berdaun hijau misal brokoli, kubis, dan okra

3. Kacang kedelai

4. Makanan yang berbahan kacang kedelai tempe, tahu, dan susu

5. Kacang almond

6. Roti gandum

7. Ikan terutama yang bisa dimakan hingga tulangnya

8. Sereal

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tersebut bisa divariasikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari. NHS menjelaskan, kebutuhan kalsium per hari adalah 700 miligram untuk usia 19-64 tahun.

Makanan yang mengandung kalsium tidak hanya membangun tulang dan gigi menjadi lebih kuat dan tak mudah rapuh. Kalsium juga membantu pengaturan kontraksi otot termasuk yang ada di jantung.

Keuntungan lain konsumsi kalsium adalah mencegah darah tidak lekas menggumpal atau terlalu encer. Untuk menjamin tubuh mendapat manfaat maksimal dari makanan yang mengandung kalsium, sangat disarankan tidak menggunakan terlalu banyak gula atau garam. Penggunaan lemak juga jangan terlalu banyak demi menjaga kesehatan tubuh.



Simak Video "Lezatnya Olahan Ikan Kapiek Khas Pekanbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)