10 Buah Tinggi Serat yang Cocok untuk Diet

Niken Widya Yunita - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 08:00 WIB
Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: Istimewa/10 Buah Tinggi Serat yang Cocok untuk Diet
Jakarta -

Tidak semua orang suka makan buah-buahan. Namun buah sangat banyak manfaatnya. Salah satunya, buah tinggi serat yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Maka tidak ada alasan kamu untuk tidak mengonsumsinya.

Dilansir Byrdie dan Healthline, serat yang merupakan zat dari makanan sumber nabati berfungsi antara lain menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengatasi sembelit, mengendalikan berat badan, dan kesehatan pencernaan.

Untuk wanita di bawah 50, direkomendasikan asupan 25 gram serat makanan per hari. Sedangkan pria direkomendasikan asupan 38 gram serat makanan per hari. Namun, kebanyakan orang hanya makan sekitar setengahnya, atau 15-17 gram serat per hari.

Berikut buah tinggi serat dikutip dari sumber yang sama:

1. Pir

woman holding pears in her handwoman holding pears in her hand Foto: Thinkstock

Pir adalah jenis buah populer yang enak dan bergizi. Buah itu merupakan salah satu sumber serat buah terbaik. Buah pir mengandung vitamin C tinggi, vitamin B, K, tembaga, magnesium, dan kalium. Kandungan serat buah pir yakni 5,5 gram dalam buah pir berukuran sedang atau 3,1 gram per 100 gram.


2. Stroberi

Strawberries in white pots in a row on a benchStrawberries in white pots in a row on a bench Foto: iStock


Stroberi merupakan salah satu buat berserat tinggi. Buah itu adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada junk food manapun. Menariknya, stroberi juga salah satu buah padat nutrisi yang bisa Anda makan karena sarat dengan vitamin C, dan berbagai antioksidan. Kandungan serat pada stroberi yakni kandungan serat pada buah stroberi yakni 2 gram per 100 gram. Jumlah ini sangat tinggi mengingat kandungan kalori yang rendah pada buah stroberi.

3. Alpukat

Textured many fresh, organic and green avocado fruits in full-frame backgroundTextured many fresh, organic and green avocado fruits in full-frame background Foto: iStock

Alpukat berbeda dengan kebanyakan buah. Alih-alih tinggi karbohidrat, namun sarat dengan lemak sehat dan baik untuk pencernaan. Alpukat sangat tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E dan berbagai vitamin B. Kandungan serat yakni 6,7 gram per 100 gram.

4. Apel

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongTips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: Istimewa

Apel adalah salah satu buah tinggi serat dengan rasa yang manis. Kandungan seratnya yakni 4,4 gram dalam apel ukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gram. Buah ini sangat terkenal untuk yang sedang berdiet karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Apel juga baik untuk menurunkan kolesterol tubuh.

5. Raspberry

Raspberry adalah buah yang sangat bergizi karena mengandung vitamin C. Kandungan serat pada raspberry yakni 6,5 gram per 100 gram. Raspberry mencegah meningkatnya lemak hati dan berat badan.

6. Pisang

Cut bananas in the plateCut bananas in the plate Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Pisang merupakan sumber nutrisi yang baik, karena mengandung vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan serat dalam pisang yakni 3,1 gram dalam pisang ukuran sedang, atau 2,6 gram per 100 gram. Pisang juga dapat mengatasi diare. Buah ini mudah didapatkan di segala musim.

7. Pepaya

Biji pepayaBiji pepaya Foto: iStock

Pepaya adalah buah berserat tinggi yang rasanya manis. Buah itu mengandung serat hingga 1,3 gram per-100 gram buahnya. Umumnya pepaya dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan bagi yang sedang diet karena buah ini sifatnya mengenyangkan. Buah ini mudah didapat dengan harga yang murah.

8. Mangga

-- Foto: Istimewa

Buah yang lagi musim saat kemarau ini merupakan salah satu buah berserat tinggi. Buah ini mengandung 5,4 gram serat per mangga. Mangga juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalsium. Buah yang rasanya manis ini bisa dibuat jus atau dimakan langsung.

9. Nanas

cara memotong nanas hanya 2 menit.cara memotong nanas hanya 2 menit. Foto: iStock

Kandungan serat buah ini sebesar 1 gram per-100 gram. Karena itu sangat baik untuk pencernaan tubuh. Nanas juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, serta folat. Kombinasikan buah ini dalam bentuk jus agar lebih optimal manfaatnya.


10. Delima

delimadelima Foto: Istimewa

Delima adalah buah tinggi serat yang mengandung lebih dari 11 gram serat per buah. Buah ini mengandung antioksidan, vitamin C, protein, folat, potasium dan vitamin K. Anda bisa makan langsung buah delima atau dapat dijus.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)