5 Trik Minum Es Kopi Susu dari Dokter, Khusus Buat yang Lagi Diet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 16:00 WIB
A cup of iced coffee in hand outdoors. Foto: iStock
Jakarta -

Minum es kopi susu saat diet bisa menambah asupan kalori. Tapi kalau kamu tetap ingin menikmatinya, trik dari dokter ini bisa ditiru!

Banyak orang kini tak bisa melewatkan hari tanpa minum es kopi susu. Paduan kopi, susu segar, gula, krimer, dan es batu membuat minuman ini terasa manis menyegarkan. Namun minum es kopi susu tak boleh berlebihan, terutama untuk kamu yang lagi diet.

Pasalnya minum es kopi susu bisa menambah asupan kalori yang tak diperlukan tubuh sehingga usaha diet bisa jadi berantakan. Kalau tetap mau menikmatinya, dr. Dion Haryadi yang aktif mengelola channel YouTube The Doctor's Diet membeberkan trik minum es kopi susu untuk yang diet.

Ada beberapa es kopi susu yang akan dibahas kalori dan kandungan nutrisinya, mulai dari es kopi susu kekinian, es kopi susu dari jaringan coffee shop luar negeri, es kopi susu dari kopitiam, hingga kopi susu sachet.

Berikut 5 trik minum es kopi susu untuk kamu yang sedang berdiet:

1. Kopi susu kopitiam

Trik Minum Es Kopi Susu Saat DietTrik Minum Es Kopi Susu Saat Diet Foto: YouTube The Doctor's Diet

"Kopi susu dari kopitiam ini terbuat dari campuran kopi dan kental manis. Kopi susu ini kalorinya berasal dari kental manisnya, kecuali kalau ditambahkan gula lagi," jelas dr. Dion. Untuk takaran kopi susu ukuran gelas 250-300 ml, biasanya memakai 3-4 sendok makan (sdm) kental manis).

Untuk kalori, dari 3-4 sdm kental manis bisa mengandung sekitar 200 kkal dengan sebagian besar datang dari karbohidrat sebanyak 70 persen. Nah, untuk yang sedang diet, bisa meminta kurangi penggunaan kental manis sehingga jumlah kalorinya tak banyak.

dr. Dion mengingatkan untuk berhati-hati minum es kopi susu di kopitiam karena 'godaan' camilan yang ada di sana. Pasalnya kopitiam menjual berbagai roti dan kudapan yang jika dimakan tentu menambah lagi asupan kalori kamu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]