5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan

Diah Afrilian - detikFood Senin, 08 Mar 2021 16:00 WIB
5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan Foto: iStock
Jakarta -

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan kardiovaskular. Penyesuaian pola makan bisa jadi solusi menurunkan kolesterol.

Kolesterol buruk atau LDL yang cukup tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan kardiovaskular. Bahkan kadar LDL yang tinggi ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dini sebesar 30%.

Biasanya permasalahan terkait kolesterol dialami oleh orang dewasa. Kebiasaan dan pola makan yang tidak cukup sehat membuat peningkatan LDL (kolesterol buruk) akan melampaui HDL (kolesterol baik).

Ketika kolesterol buruk naik diperlukan beberapa penanganan baik yang alami maupun medis untuk mengembalikan ke kadar yang normal. Jika dibiarkan, LDL yang terus meningkat perlahan akan menjadi pembunuh yang mematikan.

Dilansir melalui Livestrong (25/2), berikut ini ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol melalui pola makan.

1. Kurangi Konsumsi Daging

5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan Foto: iStock

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa segala macam bahan makanan hewani harus tidak ada satupun yang baik untuk keseimbangan kolesterol. Baik itu ayam atau daging hewan lainnya serta klaim lemak jenuh yang rendah tetap membuat daging tidak cukup sehat.

Pada penelitian tahun 2019, orang dewasa antara usia 21 - 65 tahun diminta menjadi partisipan untuk melihat pengaruh pola makan pada kadar kolesterol. Hasilnya peserta yang diberi asupan nabati mengalami penurunan kolesterol yang lebih signifikan daripada yang menjalankan diet hewani.

"Protein nabati tidak hanya rendah lemak jenuh, tetapi mereka juga kaya akan nutrisi lain yang membantu meningkatkan kolesterol baik, seperti serat dan antioksidan," kata Lauri Wright.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

2. Gunakan Minyak dari Biji-Bijian

Minyak zaitun dipercaya sebagai standar minyak yang sehat. Sayangnya minyak ini tidak cukup baik untuk kesahatan jantung.

Minyak yang terbuat dari biji seperti bunga matahari, safflower dan biji rami (flax seed) justru terbukti lebih efektif menurunkan LDL atau kolesterol buruk. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa safflower menjadi minyak yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL serta total kolesterol.

Mulai dengan mengganti minyak yang berasal dari lemak hewani seperti mentega menjadi minyak yang berasal dari biji-bijian. Paling mudah, kamu bisa meningkatkan penggunaan minyak kelapa untuk membantu menaikkan kadarHDL atau kolesterol baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com