Sluurp! Nikmati Kopi Pagi Ini dan Rasakan 7 Khasiat Sehatnya

Odilia WS - detikFood Sabtu, 03 Okt 2020 05:00 WIB
ilustrasi minum kopi Foto: thinkstock
Jakarta -

Jutaan orang di dunia memulai hari dengan secangkir kopi. Hal ini berlangsung sejak ratusan tahun. Tentu saja ini karena khasiat sehat kopi.

Minum kopi kini menjadi gaya hidup kaum urban karenanya tingkat konsumsi di dunia makin meningkat. Tak sekedar menyeduh kopi, menikmati aroma harum semerbaknya. Tetapi biji dari buah kopi ini memang telah dibuktikan melalui beragam penelitian memberi khasiat kesehatan.

Biji kopi merupakan sumber antioksidan yang besar karena mengandung asam klorogenik. Tak heran jika khasiat kopi menjaga kesehatan jantung, memperpanjang umur, memangkas lemak hingga mencegah beragam jenis kanker dibuktikan melalui beragam peneltian di berbagai negara.

Dianjurkan oleh para ahli untuk minum kopi hitam tanpa gula hingga mendapatkan khasiat sehatnya. Takaran yang dianjurkan 4 cangkir per hari. Kandungan kafein dalam kopi tak hanya bikin mata melek tetapi ada banyak manfaat sehat lainnya. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, ini 7 manfaat sehat kopi yang pernah diteliti.

1. Membantu pikiran fokus

Kopi mengandung kafein yang membuat orang bisa lebih konsentrasi. Studi pada tahun 2020 ditemukan bahwa orang yang diberi pil kafein 200 mg (setara dengan secangkir kopi) kemampuannya memecahkan masalah menjadi meningkat.

Peneliti menemukan meningkatnya fokus, akurasi dan durasi saat memecahkan problem. Tetapi tak ditemukan kaitan dengan berpikir kreatif. Studi yang sama pada tahun 2018, ditemukan dengan mencium aroma kopi saja bisa membantu kemampuan matematika seseorang.

cara minum kopi di dunia7 Khasiat Sehat Kopi. Foto: iStock

2. Mencegah beragam kanker

Konsumsi kopi bisa membantu mencegah kanker. Hal ini disimpulkan oleh WHO pada tahun 2016 setelah meninjau berbagai data. Tidak didapati bukti signifikan efek karsiogenik pada konsumsi kopi.

Pada kenyataan, bukti-bukti pada studi menunjukkan peran kopi sebagai pencegah kanker payudara dan usus besar. Juga membantu menurunkan risiko terekna kanker. Konsumsi kopi juga berhubungan dengan penurunan risiko kanker mulut dan kulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com