5 Manfaat Kopi Untuk Perawatan Kecantikan

Odilia WS - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 07:00 WIB
indonesian coffee class Foto: iStock/detikFood
Jakarta -

Kopi tak hanya enak diminum di pagi hari. Kopi juga kaya akan sejumlah nutrisi yang berkhasiat untuk kulit wajah hingga mata. Mau coba?

Sudah sejak lama kopi dikenal sebagai pembangkit energi dan semangat. Ini karena kandungan antioksidan dan kafein pada kopi. Kandungan antioksidan pada kopi bisa membantu menyehatkan rambut, kulit wajah dan banyak hal lainnya.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat sehatnya kopi harus tetap diminum dalam takaran yang dianjurkan. Karena kopi juga mengandung kafein. Sebaiknya batasi asupan kafein maksimal 400 mg per hari agar tubuh tak megalami dehidrasi.

Perlu diketahui 1 cangkir (240 ml) kopi mengandung sekitar 70-140 mg kafein. Jadi sehari maksimal konsumsi 3-4 cangkir kopi. Perlu diperhitungkan juga kopi tak harus kopi hitam saja tetapi kopi yang dicampur dengan susu dan bahan lainnya.

Selain memperkuat daya ingat dan menyehatkan jantung, kopi juga punya manfaat untuk kesehatan, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

biji kopi5 manfaat kopi untuk kecantikan Foto: iStock


1. Mencerahkan kulit wajah


Kopi memang enak dihirup hangat atau dinikmati dingin. Tetapi tak banyak yang tahu bahwa kandungan antioksidan dalam buah kopi bisa membantu wanita memiliki wajah yang bersih mulus.

Caranya tidak diminum tetapi dijadikan scrub alami untuk wajah. Kopi mampu mengecilkan pori-pori kulit muka, mencerahkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus di wajah. Rasa asam pada kopi justru menjadi pelindung bagi kulit wajah. Wajah akan bebas dari cirus, jamur dan bakteri.

Untuk membuat scrub, rendam kopi bubuk dalam air, tiriskan airnya dan sisihkan ampas kopi lalu tambahkan sabun epsom. BIlas wajah dengan air lalu oleskan ampas kopi di wajah dan usap pelan-pelan lalu bilas dengan air bersih dan lap wajah hingga kering.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Kedai Kopi Milik Anak Ahok yang Indonesia Banget"
[Gambas:Video 20detik]