Terlalu Banyak Ngopi Bisa Berakibat Buruk pada Kesehatan

Odilia WS - detikFood Jumat, 15 Mei 2020 03:00 WIB
People drinking coffee high angle view Foto: iStock
Jakarta -

Untuk pertama kali tim peneliti di Australia Selatan mengungkap efek buruk konsumsi kopi berlebihan setiap hari. Dari nyeri sendi hingga kegemukan.

Kopi tubruk, cappuccino dan cafe latte merupakan jenis minuman kopi yang paling populer dan banyak dikonsumsi di dunia. Soal takaran minum kopi per hari berikut efek sehat minum kopi sudah banyak dibahas dan diteliti para ahli.

Kali ini peneliti dari University of South Australia's Australian Centre for Precision Health mengungkap efek buruk konsumsi kopi bagi kesehatan. Penelitian efek buruk kopi ini merupakan yang pertama kali di dunia.

Dilansir dari sciencedaily (13/5) memakai data dari 300.000 peserta dari UK Biobank peneliti mempelajari hubungan antara kebiasaan minum kopi secara genetis dan beragam penyakit. Mereka menemukan kebanyakan konsumsi kopi menyebabkan peningkatan risiko osteoartritis, artropati (penyakit sendi) dan obesitas.

minum kopiEfek buruk minum kopi pada kesehatan. Foto: iStock



Pada penelitian terdahulu yang dilakukan Profesor Hyppönen dan tim disebutkan batas aman konsumsi kopi per hari adalah 6 cangkir. Sementara ahli epidemiologis genetik UniSA, Prof. Elina Hypponen mengatakan pemahaman segala risiko yang terkait dengan kebiasaan minum kopi bisa memiliki implikasi yang sangat besar bagi kesehatan masyarakat.

Menurutnya secara global setiap hari orang di dunia mengonsumsi 3 miliar cangkir kopi setiap hari. Karenanya sangat masuk akan mempelajari pro dan kontra kopi pada kesehatan.

Umumnya efek konsumsi kopi diteliti dengan pendekatan pengamatan degan perbandingan terhadap non peminum kopi. Hal ini bisa memberikan hasil yang menyesatkan.

'Dalam penelitian ini, kami menggunakan pendekatan genetik - yang disebut analisis MR-PheWAS - untuk menetapkan efek sebenarnya dari konsumsi kopi terhadap 1.117 kondisi klinis,' ungkap Profesor Hypponen.

Tips Julie Estelle minum kopiEfek buruk minum kopi pada kesehatan. Foto: Getty Images



Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam takaran moderat aman buat kesehatan. Tetapi juga menunjukkan kebiasaan minum kopi juga meningkatkan risiko penyakit osteoartritis, arthropati dan obesitas yang memicu rasa sakit pada penderitanya.

Professor Hyppönen mengatakan bahwa prevalensi keadaan ini di Australia dan seluruh dunia menunjukkan pentingnya menentukan penyebab dan pengaruh penyakit-penyakit tersebut.

Secara tegas ia menyebutkan bahwa terlalu banyak minum kopi bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut. Sebaiknya orang dengan riwayat keluarga penderita arthritis dan osteoarthritis agar lebih berhati-hati konsumsi kopi.

Sebenarnya secara alami tubuh memberi sinyal terhadap konsumsi kopi, karenanya tiap orang harus bisa menangkap sinyal tubuh. Meskipun hasil penelitian merujuk pada konsumsi kopi secara umum tetapi pesan yang bisa diambil sangat jelas. Konsumsilah kopi secara moderat atau wajar agar tetap bisa merasakan kenikmatan kopi dan tubuh tetap sehat.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)