Next Kitchen: Uniknya Rice Bowl Bumbu Bebek Madura dan Jepang di Gang Buntu

ADVERTISEMENT

Next Kitchen: Uniknya Rice Bowl Bumbu Bebek Madura dan Jepang di Gang Buntu

Riska Fitria - detikFood
Senin, 26 Sep 2022 13:00 WIB
Next Kitchen
Foto: detikcom
Jakarta -

Meski berada di gang buntu, gerai kuliner yang satu ini selalu jadi diantre pembeli. Menawarkan aneka pasta dan rice bowl dengan bumbu bebek yang unik.

Biasanya pemilik bisnis kuliner akan membuka gerainya di lokasi yang strategis agar mudah dan lebih banyak menjangkau konsumen. Namun berbeda dengan Next Kitchen yang tetap memilih buka di lokasi tersembunyi.

Gerai kuliner tersebut buka di gang buntu, dengan memanfaatkan teras rumahnya. Namun agaknya, keberadaan gerai itu tak jadi masalah sebab tetap diantre foodie bahkan food vlogger.

Tentu itu karena menu yang ditawarkan memiliki kualitas rasa yang enak. Selain itu racikannya pun unik. Maka tak heran jika gerai kuliner ini dijuluki sebagai hidden gem di Jatinegara.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat MakanNext Kitchen
AlamatJatinegara Barat 2 No 42, Bali Mester.
No Telp0858-8002-3280
Jam OperasionalSenin-Sabtu pukul 10.00-19.00
Estimasi HargaRp 20.000-Rp 30.000
Tipe KulinerRicebowl dan Pasta
Fasilitas
  • Area Makan

1. Mulai Buka Tahun 2021

Next KitchenNext Kitchen baru buka di tahun 2021. Foto: detikcom

Next Kitchen ini masih terbilang baru. Kepada detikcom (20/09/22) Kevin, pemilik Next Kitchen mengatakan bahwa usaha kulinernya ini baru buka di tahun 2021.

Awalnya gerai Next Kitchen ini buka di area food court di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Namun, karena berbagai hal, membuat Kevin akhirnya buka di rumah sendiri dengan memanfaatkan teras rumahnya.

"Selain karena pandemi, juga karena waktu itu pihak pasar bilang kalau tenant di food court akan mau dioper ke Dapur Hub. Dan untuk harga sewanya menurut aku kurang cocok," ujar Kevin.

Namun, dalam waktu dekat Kevin akan berencana membuka cabang kedua dengan menempati tenant di area food court di Pasar Baru lagi. "Paling lambat sekitar 10 Oktober, buka di sana lagi,".

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Rice Bowl Milik Artis, Prilly Latuconsina hingga Luna Maya

2. Semua Menu 10 Kali Uji Coba

Next KitchenSemua menu yang ditawarkan Next Kitchen adalah hasil ciptaan sang owner. Foto: detikcom


Saat pertama kali buka, Next Kitchen hanya menawarkan menu rice bowl. Kemudian semakin berkembang usahanya, ia menawarkan menu-menu lainnya yang merupakan hasil ciptaannya sendiri.

"Berawal dari coba-coba. Sejujurnya aku gak suka dagang, tapi aku suka menciptakan menu, karena menurut aku menciptakan menu itu kayak seni," ujar Kevin.

Menu yang ditawarkan merupakan fusion. Bahkan racikannya terbilang antimainstream. Kevin mengatakan dalam satu menu ia bisa 10 kali melakukan percobaan.

"Satu menu ini kurang lebih bisa 10 kali percobaan. Jadi, aku bener-bener gak ada basic masak dna belum pernah kerja di mana pun," tutur Kevin.

3. Menu Furikate Gohan Bumbu Bebek

Next KitchenMenu Furikake Gohan (Rp 25.000). Menu ini berupa nasi yang diracik dengan bumbu bebek Madura dan rempah Jepang. Foto: detikcom

Kami mencicipi menu Furikake Gohan (Rp 25.000). Menu ini berupa nasi yang diracik dengan bumbu bebek Madura dan rempah Jepang. Lalu disajikan dengan daging, mayonnaise, telur, sayuran kering dan daun bawang.

Perpaduan antara bumbu Madura dan rempah Jepang rahasia ini menghasilkan rasa yang seimbang. Gurih, asin dan sedikit pedasnya terasa pas dengan rempah Jepang yang umami.

Kami menyukai telurnya yang dimasak setengah matang ala tornado. Telurnya lembut dan harum. Meskipun menggunakan bumbu bebek Madura yang identik pedas, tetapi rasa tidak begitu pedas.

Baca Juga: Kisah Rice Bowl Ciptaan Mantan Chef dari Australia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT