ADVERTISEMENT

Sambal Bakar Indonesia: Huaah! Sengatan Pedas Sambal Barra Racikan TikToker yang Viral

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 02 Sep 2022 11:00 WIB
4
"Lauk pauk yang variatif dengan sambal yang pedas menyengat bikin makan jadi nagih terus!" - odi
Sambal Bakar Indonesia: Huaah! Sengatan Pedas Sambal Barra Racikan TikToker yang Viral
Foto: Detikfood
Jakarta -

Sambal yang pedas menyengat kini banyak digandrungi. Salah satunya kenikmatan sambal bakar milik TikToker yang diantre hingga ribuan pengunjung setiap harinya ini.

Bisnis kuliner memiliki untung yang menjanjikan bagi para pelakunya. Tidak aneh jika banyak artis, selebriti hingga konten kreator yang memilih bisnis kuliner sebagai usaha sampingannya.

Salah satunya adalah TikToker yang terkenal dengan konten tantangan dan hadiah uang tunai ratusan ribu rupiah. Benjamin atau dikenal dengan nama Iben mendirikan sebuah tempat makan yang bahkan idenya didapatkan dari para followers TikTok dan Instagramnya.

Berlokasi di kawasan Tangerang, tempat makan sambal bakar ini bahkan diantre lebih dari 1.200 pengunjung setiap harinya. Antusias yang tinggi membuat tempat makan milik TikToker ini menjadi viral di media sosial. Seperti apa kelezatan sambalnya yang pedas menyengat?

Detail Informasi
Nama Tempat MakanSambal Bakar Indonesia
AlamatJalan Veteran No.12, Babakan, Tangerang (Belakang Pasar Lama)
Instagram@sambalbakar
Jam OperasionalSetiap Hari, 10.00 - 24.00
Estimasi HargaRp 15.000 - Rp 36.000
Tipe KulinerTradisional Indonesia
Fasilitas
  • Makan di Tempat
  • Pesan Online
  • Bawa Pulang
  • Area Lesehan
  • Parkir Luas
  • Toilet
Sambal Bakar Indonesia: Huaah! Sengatan Pedas Sambal Barra Racikan TikToker yang ViralViral diantre pelanggan, dalam sehari sambal bakar ini mampu melayani lebih dari 1.200 orang. Foto: Detikfood

Tempat makan sambal bakar yang viral

Pembukaan tempat makan sambal ini memiliki perjalanan yang unik. Pemiliknya merupakan salah satu TikToker yang terkenal dengan konten berbagi dan tantangan yang seringkali membingungkan banyak orang.

Namanya Benjamin atau lebih dikenal dengan Iben. Bahkan untuk membuka tempat makan sambal bakarnya ini Iben juga melibatkan para pengikut (followers)nya untuk memberi ide tentang makanan apa yang cocok untuk dijadikan bisnis kuliner.

Sejak pertama kali dibuka, tempat makan bernama Sambal Bakar Indonesia ini sudah diminati masyarakat bahkan antreannya mengular. Menurut pekerja di sana, dalam sehari mereka bisa menerima hingga lebih dari 1.200 pelanggan yang dilayani mulai dari 10.00 hingga 22.00.

Antrean yang meledak ini membuat Sambal Bakar Indonesia di Tangerang bahkan memperpanjang waktu operasional menjadi pukul 10.00 hingga 24.00. Mulai dari masuk ke area makan, memesan hingga makanan disajikan harus antre. Para pelanggan harus sabar jika datang ke sini.

Dua jenis varian sambal

Sambal Bakar Indonesia menyajikan dua jenis sambal dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Varian sambal ini diberi nama sambal bakka dan sambal barra.

Sambal bakka cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka atau tidak kuat makan makanan yang terlalu pedas. Sedangkan untuk sambal barra cocok untuk mereka yang senang menantang lidahnya untuk rela terbakar dengan kepedasan yang menyengat.

Sambal bakka terbuat dari sambal goreng terasi yang lebih manis dan gurih. Warnanya lebih merah dengan kadar minyak sambal yang melimpah dibandingkan sambal barra.

Pada sambal barra warnanya justru lebih pucat jika dibandingkan dengan sambal bakka. Menurut pekerja yang ada di sini, sambal barra ini menggunakan bahan dasar racikan mirip dengan sambal bawang tetapi dibuat lebih pedas menyengat.

Penggunaan bawang serta cabai rawit yang melimpah membuat sambal barra punya tingkat kepedasan yang bisa membuat penikmatnya banjir keringat. Ditambah dengan lauk pauk yang garing dan nasi uduk yang hangat pulen, kenikmatan pedasnya diakui membuat lidah tidak berhenti ketagihan.



Simak Video "Sambal Bakar Indonesia Racikan TikToker yang Pedas Menyengat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT