7 Fakta Unik Biji Kopi Ethiopia dari Afrika yang Mendunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Fakta Unik Biji Kopi Ethiopia dari Afrika yang Mendunia

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 02 Sep 2022 07:30 WIB
7 Fakta Unik Biji Kopi Ethiopia dari Afrika yang Mendunia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Gilberto Villasana
Jakarta -

Selain banyak tanaman langka, ternyata Afrika juga punya biji kopi berkualitas tinggi. Salah satunya biji kopi asal Ethiopia yang terkenal mendunia.

Benua Afrika ternyata menyimpan banyak keajaiban yang baik di dalam tanahnya maupun segala sesuatu yang tumbuh di atasnya. Di benua Afrika sendiri terdapat setidaknya 54 negara seperti Aljazair, Mesir, Namibia, Burkina Faso, Ethiopia hingga banyak negara lainnya.

Ethiopia menjadi salah satu negara asal Afrika yang ternyata memiliki sumber daya alam berupa kopi yang berkualitas terbaik. Bahkan pecinta kopi dunia banyak yang penasaran untuk langsung datang ke Ethiopia dan merasakan langsung nikmatnya biji kopi terbaik di dataran Afrika tersebut.

Salah satu wilayah yang paling terkenal di Ethiopia sebagai penghasil kopi terbaik dan terbanyak adalah Yirgacheffe dan Sidamo. Agar lebih mengenal tentang biji kopi asal Ethiopia ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui.

Berikut ini 7 fakta tentang biji kopi Ethiopia yang dirangkum dari beberapa sumber:

7 Fakta Unik Biji Kopi Ethiopia dari Afrika yang MenduniaDi Ethiopia, cara minum kopi bahkan ada upacaranya sendiri. Foto: Getty Images/iStockphoto/Gilberto Villasana

1. Kopi sebagai bagian dari budaya

Ethiopia memiliki sistem penanaman tumbuhan kopi yang unik. Bukan berupa lahan besar atau perkebunan, tumbuhan kopi di Ethiopia justru ditanam dalam lingkup yang lebih kecil oleh banyak petani di sana.

Tumbuhan kopi di Ethiopia biasanya ditanam pada ketinggian 1500-200 meter di atas laut. Setiap tahunnya biji-biji kopi ini memiliki waktu panen tertentu dan tidak dipetik sepanjang tahun.

Layaknya tradisi minum teh di Asia, ternyata Ethiopia bahkan memiliki upacara khusus untuk minum kopinya sendiri. Bahkan banyak ahli sejarah yang menyebutkan bahwa kopi berasal dari Ethiopia walaupun pernyataan ini masih dalam perdebatan.

2. Negara penghasil kopi ke-5 terbesar di dunia

Ethiopia memang tidak memiliki perkebunan atau hutan kopi yang terpusat pada satu wilayah tertentu yang luas. Tetapi hasil produksi kopi tahunannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Petani kopi di Ethiopia hanya akan memanen biji kopinya mulai bulan November hingga Februari saja. Tetapi walaupun masa panennya singkat, Ethiopia mampu menghasilkan lebih dari 6,6 juta kantong kopi.

Kantong-kantong kopi ini kemudian dikemas dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Ada yang berukuran 250 gram, 340 gram atau bahkan kantung kopi paling besarnya dibuat dengan takaran 1 kilogram.

Fakta tentang biji kopi asal Ethiopia lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Masak Masak: Ayam Afrika Cocol Sambal Korek"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT