ADVERTISEMENT

Sate Pak Rebing: Sate dan Gulai Domba Legendaris di Empang Bogor Sejak 1942

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 12:00 WIB

Ada sate domba yang gurih kenyal

Sate Domba Pak RebingSalah satu andalannya adalah sate domba yang komplet pelengkapnya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Mencicipi salah satu menu andalannya, detikfood memesan satu porsi sate yang dibanderol Rp 70 ribu untuk 10 tusuk dengan bumbu pelengkap komplet. Ada bumbu kacang dan bumbu kecapnya. Penyajian sate dan bumbunya di sini diletakkan di piring terpisah seperti sate Tegal.

Satenya berupa daging polos yang memiliki rasa alami. Ada rasa gurih tanpa bau amis atau tekstur yang alot seperti daging kambing biasa. Sate yang terbuat dari daging domba ini cenderung lebih lembut dan kenyal. Satenya juga disajikan tanpa lemak sehingga benar-benar 'full daging' dengan potongan yang besar-besar.

Saat mencobanya dengan bumbu kacang ternyata rasanya lebih komplet lagi. Bumbu kacangnya yang kental dan gurih menyatu sempurna dengan potongan daging domba yang lembut rasanya dan memberikan sensasi legit saat dikunyah di mulut.

Bagi yang lebih senang menikmati sate kambing dengan bumbu kecap pedas, bisa juga menuangkan langsung pelengkap berupa kecap yang sudah ditambahkan irisan bawang, cabai dan tomat. Jika menikmatinya dengan kecap, rasanya pun berbeda.

Sate domba yang dimakan dengan kecap akan terasa manis pedas dengan sensasi yang tidak lebih kental dibanding bumbu kacang. Menikmati sate domba dengan kecap jadi pilihan pas jika kamu ingin merasakan tekstur dan rasa asli dari daging domba.

Sate Domba Pak RebingSelain sate, ada juga gulai yang kental kuahnya dan empuk dagingnya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Gulai domba yang kental dan empuk dagingnya

Selain sate, ada juga menu gulai domba yang berbeda dengan gulai biasanya. Kuah gulainya begitu kental dan berminyak banyak dengan potongan domba beserta tulangnya yang berukuran sedang.

Rasa rempah dari gulainya tidak terlalu kuat sehingga tidak akan mengganggu jika ingin menikmatinya bersama menu lain. Potongan dagingnya sangat mudah dilepaskan dari tulangnya.

Tanpa harus menggigitnya langsung, daging yang menempel pada tulang-tulangnya sudah bisa terlepas hanya dengan dipotong menggunakan sendok. Keunikan lain dari gulai yang disajikan di Sate Pak Rebing, rasanya tidak pedas.

Jika ingin gulai lebih pedas, bisa menambahkan sambal hijau yang disajikan di atas meja. Sambal hijaunya terbuat dari cabai hijau murni sehingga rasa pedasnya cukup untuk membuat berkeringat. Seporsi gulai dombanya ini dipatok Rp 70 ribu dengan porsi yang cukup untuk 4 hingga 5 orang.

Sate Domba Pak RebingJika tak mau ketinggalan semua menunya, kamu bisa memesan paket nasi rames yang komplet. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Paket nasi rames komplet yang jadi incaran

Jika bingung memilih antara sate atau gulai, ada paket hemat yang bisa dipesan. Menu bernama nasi rames ini cocok untuk kamu yang ingin mencicipi semua menunya tetapi tak ingin terlalu banyak.

Pada seporsi nasi rames sudah berisi nasi putih, sepotong daging gulai beserta kuahnya, beberapa potong daging sate dan bumbu kacang serta lengkap dengan acar dan emping. Menu nasi rames dihargai Rp 55 ribu, bisa dinikmati oleh dua orang dan cukup mengenyangkan.

Perpaduan siraman kuah gulai di tengah nasi menghadirkan rasa nikmat. Saat kuah gulai dan bumbu kacang dicampurkan, uniknya tercecap rasa yang enak dan tidak aneh, meski keduanya sangat berbeda.

Tambahkan juga acar dalam tiap suapannya untuk menyeimbangkan rasa hidangan ini di mulut. Menurut kami, porsi menu ini tetap memuaskan meski merupakan gabungan dari dua menu.

Jika ingin datang ke sini dan mencicipi berbagi menunya, kamu bisa melakukan reservasi atau pemesanan menu terlebih dahulu melalui kontak yang tersedia. Cara ini juga dianjurkan oleh Iwan agar ketika datang tidak kehabisan menu-menu andalan yang sayang untuk dilewatkan jika mampir ke Sate Pak Rebing.

Ingin tempat makan atau produk anda direview oleh detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com.

Sate Pak Rebing

Jalan Raden Ariawiranata No.17, Empang, Bogor.
Jam Operasional: 10.00 - 16.00
Nomor Telepon: 0815 8686 5080/0855 7072 452.


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT