5 Manfaat Konsumsi Oatmeal untuk Kendalikan Kolesterol Tinggi

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 10:30 WIB
A bowl with oatmeal next to bananas and eggs on a concrete table. Healthy pancakes ingredients.
Foto: Getty Images/iStockphoto/FoodieMedia
Jakarta -

Oatmeal kerap jadi menu sarapan pelaku hidup sehat. Tak hanya mengenyangkan, ternyata oatmeal mampu mengendalikan kolesterol.

Gaya hidup dan diet sehat semakin hari semakin banyak peminatnya. Banyak masyarakat kini sudah cerdas dalam memilah asupan makanan dan menyesuaikannya dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu makanan sehat yang tengah populer adalah oatmeal. Oatmeal bisa diolah menjadi berbagai hidangan seperti bubur oatmeal, smoothie, atau bahkan susu oatmeal.

Konsumsi oatmeal yang tinggi serat dan kaya vitamin dan mineral lainnya memang begitu disarankan oleh pakar kesehatan. Tak hanya mengenyangkan, konsumsi oatmeal secara rutin juga terbukti dapat memberikan efek positif pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini 5 manfaat konsumsi oatmeal secara rutin terhadap kolesterol tinggi menurut Eat This, Not That:

Serat larut pada oatmeal mampu menyerap kolesterol buruk dan membawanya keluar melalui saluran pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

1. Menyerap kolesterol pada usus

Banyak sisa makanan yang tersimpan dan mengendap di usus. Mulai dari ampas makanan yang sudah habis nutrisinya, lemak, hingga kolesterol.

Endapan kolesterol dalam usus ini sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Konsumsi oatmeal yang tinggi serat disebut ampuh membawa simpanan kolesterol ini untuk keluar dari dalam usus.

Oatmeal yang memiliki serat larut begitu mudah dicerna tanpa memberatkan kerja saluran pencernaan. Saat nutrisi, vitamin dan mineral oatmeal sudah diserap tubuh, oatmeal akan menyerap kolesterol dalam usus dan membawanya keluar bersamaan.

2. Menurunkan kadar LDL

Kolesterol terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol buruk atau LDL dan kolesterol baik atau HDL. Ketika kolesterol buruk meningkat kadarnya, situasi seperti inilah yang harus segera diatasi karena berdampak buruk untuk kesehatan.

Jika kolesterol buruk masuk ke dalam aliran darah dan mengendap, dampaknya akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Banyak kasus gangguan kesehatan kardiovaskular yang berawal dari hal ini.

Sebelum kolesterol buruk ini diserap dan masuk ke dalam darah, maka diperlukan asupan makanan tinggi serat untuk menahannya diserap dan disirkulasikan ke seluruh tubuh. Oatmeal menjadi salah satu makanan tinggi serat larut yang dianjurkan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Manfaat konsumsi oatmeal secara rutin terhadap kolesterol lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya.