ADVERTISEMENT

Mie Ayam Bangka Asan: Gurih Nikmat Mie Ayam Bangka Legendaris di Cipinang

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 08 Apr 2022 12:00 WIB
Mie Ayam Bangka Asan: Gurih Nikmat Mie Ayam Bangka Legendaris di Cipinang
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Tak jauh dari lapas Cipinang ada tempat makan mie ayam enak dengan topping ceker yang empuk. Mie ayam legendaris ini konon sudah hadir lebih dari 20 tahun silam.

Olahan mie bernama mie ayam awalnya merupakan hidangan peranakkan yang populer di Indonesia. Mie Ayam sendiri punya banyak jenis, ada mie ayam jowo hingga mie ayam bangka yang populer.

Bagi para penikmat mie ayam dengan cita rasa gurih biasanya akan memilih mie ayam bangka sebagai kudapan favoritnya. Di Jakarta banyak penjual mie ayam bangka yang terkenal enak.

Salah satunya di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Mulai dari mie ayam, ceker ayam, bahkan pempek yang disajikan di sini konon telah hadir sejak dua dekade silam.

"Wah, kalau untuk waktu tepatnya kurang tahu jelas ya. Tetapi dari saya kecil udah ada sih. Mungkin sekitar dua puluh tahun lebih," kata salah satu anak dari pemilik Mie Ayam Bangka Asan.

Berkesempatan langsung menyambangi mie ayam bangka yang berada tidak jauh dari kawasan rumah tahanan ini, detikfood memesan beberapa menu yang menjadi andalannya. Bagaimana ya kenikmatan makanannya?

Baca juga: Good People Steakhouse: Empuk Juicy Steak Daging Meltique Rp 60 Ribuan yang Viral di Bogor

Puluhan Menu Lezat yang Bisa Dipilih Pelanggan

Walaupun bernama Mie Ayam Bangka Asan, tempat ini ternyata tidak hanya menyajikan mie ayam saja. Mulai dari pilihan mie seperti bihun dan kwetiau, pangsit rebus, ceker ayam bahkan hingga berbagai jenis pempek dan tekwan juga bisa ditemukan di sini.

Menyambangi Mie Ayam Bangka Asan tepat pada jam makan siang saat sebelum puasa, detikfood menemukan tempat ini ramai pengunjung. Hampir seluruh sudut di sini diisi oleh pelanggannya yang datang dengan rombongan.

Banyaknya pilihan menu membuat pelanggan yang datang bersama rombongan tidak perlu takut kebingungan dengan selera makan yang berbeda. Di beberapa meja pelanggan, terlihat banyak yang memesan menu dengan cukup beragam.

Beruntungnya, saat datang ke sini detikfood masih bisa memesan menu-menu yang menjadi andalannya. Mie ayam bangka pangsit bakso, ceker, hingga bakso gorengnya masih tersisa untuk dipesan.

Mie Ayam Bangka Asan: Gurih Nikmat Mie Ayam Bangka Legendaris di CipinangPunya porsi yang besar, bukan hanya mienya yang banyak di sini tetapi juga toppingnya sampai menggunung. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Mie Ayam Bangka yang Menjulang Toppingnya

Sesuai dengan namanya, ketika menyambangi Mie Ayam Bangka Asan detikfood memesan menu utama berupa mie ayam pangsit bakso (Rp 22.000). Mencoba memesan menu mie ayam pangsit bakso dengan ukuran penuh satu porsi ternyata isiannya begitu menjulang.

Satu porsi mie ayam di sini bahkan cukup untuk dinikmati oleh dua orang. Bukan hanya mienya yang banyak tetapi semua topping seperti cincangan ayam dan irisan daun bawangnya juga melimpah.

Penggunaan topping ayam cincang menjadi pembeda antara mie ayam khas dari Bangka dengan mie ayam dari daerah lainnya. Tetapi yang membuatnya Mie Ayam Bangka Asan menjadi unik adalah cincangan daging ayamnya justru sedikit berwarna kecokelatan tetapi tidak manis.

Mie yang digunakan juga cukup kenyal sehingga tidak lembek saat dimakan. Sekilas mie ayam yang disajikan tampak seperti mie yamin tetapi rasanya tidak semanis mie yamin dan masih sangat terasa racikan gurih bumbunya.

Selain itu, ada pangsit dengan isian ayam dan bakso yang lembut sebagai pelengkapnya. Kulit pangsit dan isiannya begitu padat sehingga memberikan rasa puas saat memakannya.

Untuk yang menyukai kerenyahan, bisa juga menambah pangsit goreng (Rp 5.000). Berbeda dengan pangsit goreng yang ada di warung makan mie ayam yang lainnya, di sini pangsit gorengnya cukup tipis dengan kerenyahan yang sangat sempurna.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'

Menu makanan lezat lainnya di Mie Ayam Bangka Asan Cipinang ada di halaman selanjutnya



Simak Video "Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT