Ayam Goreng Madukoro: Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY

Devi Setya - detikFood Senin, 02 Agu 2021 17:00 WIB
Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Meskipun memakai ayam kampung tapi ayam goreng Madukoro rasanya empuk. Tak heran kalau SBY jadi langganan karena kepincut rasa ayam goreng ini.

Restoran yang berlokasi di Pondok Gede, Jakarta Timur ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1989. Sebelumnya, Ayam Goreng Madukoro eksis di Solo dan sudah ada sejak 1967.

Mengandalkan resep turun temurun yang dijaga dengan baik, ayam goreng ini berhasil mempertahankan popularitasnya. Bahkan jadi salah satu makanan yang rutin masuk ke daftar katering Istana Negara serta jadi salah satu ayam goreng favorit SBY.

Selain menu ayam goreng, di sini juga ada ayam goreng kremes, paket gudeg komplet dan juga selada bestik. Semua menu ini diracik dengan bumbu tradisional sehingga rasanya ngangeni.

Tak mau melewatkan kelezatan ayam kampung goreng ini, detikFood mencoba membuktikan rasanya.

1. Dikelola oleh 3 generasi

Berbekal pengalaman dalam bisnis kuliner dan juga konsistensi mempertahankan resep turun temurun dari warisan leluhur menjadikan resto ini bisa bertahan dalam kurun waktu lama. Selain itu, penggunaan bahan baku terbaik juga turut membuat resto ini tetap digandrungi.

Ronny, pemilik Ayam Goreng Madukoro adalah generasi ketiga yang menjalankan bisnis kuliner ini. Kepada detikFood (26/7) Ronny berani menjamin kalau makanan yang disajikan di restonya punya rasa yang tak berubah dari tahun ke tahun. Seperti saat pertama dibuat.

2. Menggunakan ayam kampung

Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBYAyam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Sesuai dengan namanya, Ayam Goreng Madukoro mengandalkan menu ayam goreng sebagai menu utama. Ayam goreng ini dibuat menggunakan jenis ayam kampung.

Dengan teknik memasak khusus dan menggunakan bumbu berlimpah, ayam kampung ini tidak alot atau keras sama sekali. Justru teksturnya empuk dan rasa bumbunya meresap sampai ke tulang.

"Pilihan menggunakan ayam kampung dikarenakan rasa daging ayamnya terasa lebih gurih dan juga lebih alami jika dibandingkan dengan ayam broiler. Kita semua tau bahwa dalam proses pertumbuhan ayam kampung diberikan pakan alami dan tradisional tanpa menggunakan pakan olahan dan tanpa ada tambahan obat," ujar Ronny.

Rahasia lain yang membuat daging ayam kampung ini empuk adalah karena diungkep bersama bumbu dalam waktu lama.

3. Ayam goreng kremes yang empuk

Madukoro menyediakan pilihan porsi ayam satu ekor, setengah ekor dan seperempat ekor atau porsi personal. Kami mencoba memesan ayam goreng kremes setengah ekor Rp 69 ribu.

Ayam kampung memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan gemuk. Porsi setengah ekor ini termasuk bagian kepala ayam, dada, sayap dan paha. Semuanya dihidangkan utuh alias tidak dipotong-potong. Paket ayam goreng ini juga termasuk sambal dan kremesan yang disajikan dalam wadah terpisah.

Aroma gurih ayam goreng ini sudah menggoda selera, seolah memanggil untuk segera disantap. Benar saja, ayam kampung yang digoreng hingga kuning keemasan ini memiliki tekstur empuk. Rasanya dominan gurih sedikit manis.

Daging ayam juga mudah dikunyah alias tidak alot. Yang tak kalah menggoda yakni sambalnya. Rasa pedas sambal ini pas dipadukan saat makan ayam goreng. Makin komplet jika disantap dengan nasi putih hangat.

4. Gudeg komplet

Kami juga memesan sepaket gudeg komplet Rp 64.500. Isinya ada gudeg nangka versi basah, krecek, telur dan satu potong ayam kampung opor. Semua menu ini disajikan dengan guyuran areh atau rebusan santan kental yang rasanya gurih.

Untuk kreceknya terbilang royal karena disajikan dalam porsi banyak dan menggunakan kerupuk krecek berkualitas. Kerupuk kreceknya berbentuk panjang dan teksturnya kenyal padat.

Kuah krecek yang oranye kemerahan menandakan rasanya yang pedas. Benar saja, mata kami langsung melek saat mencicip krecek ini, apalagi ada irisan cabai rawit merah yang membuat rasanya makin nendang.

Tak kalah mantap, ada gudeg basah yang empuk namun rasanya tidak terlalu manis. Demikian juga dengan telur pindangnya yang enak. Dan satu yang tak boleh dilewatkan yakni ayam opor yang empuk juicy dengan kuah super gurih.

Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBYAyam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari

5. Langganan Istana Presiden dan SBY

Diakui Ronny, seiring dengan berjalan nya waktu, Madukoro bisa mendapatkan pengakuan dari para pelanggan, ada beberapa artis atau pejabat yang sudah menjadi langganan.

Beberapa kali Madukoro melayani pesanan nasi kotak untuk keperluan rapat di kantor kepresidenan. Ayam goreng Madukoro juga beberapa kali dipesan khusus untuk acara di kediaman Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas.

Beberapa instansi pemerintahan juga kerap memesan katering dari Madukoro seperti PASPAMPRES, MABES Cilangkap, KODIKAU Halim Perdana Kusuma, Departemen Keuangan dan lain sebagainya. Madukoro juga pernah mendapatkan undangan menghadiri upacara 17 Agustus di Istana Negara.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Bakar Viral Ala Serial Upin Ipin"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com