Sate Kaki Lima

5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 19 Jun 2021 16:00 WIB
5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY Foto: Instagram @deaelv
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
Jakarta -

Sate menjadi makanan favorit semua orang. Termasuk para Presiden Indonesia bahkan mereka sudah menjadi langganan di beberapa warung sate ini.

Sate merupakan kuliner berupa daging yang ditusuk dengan lidi. Sate memiliki berbagai varian, mulai dari sate ayam, sate daging hingga sate ikan. Sate kemudian disajikan dengan bumbu.

Menikmati sate enaknya dengan lontong dan sambal kacang atau kecap cabe. Ternyata sate juga merupakan makanan favorit para Presiden di Indonesia. Seperti Jokowi, Soeharto, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut 5 warung sate langganan Presiden:

1. Sate Mbok Galak

5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY Foto: Instagram @satembokgalak_solo


Mantan Presiden Soeharto punya warung sate langganan. Warung satenya dikenal bernama Sate Mbok Galak, yang berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro, Surakarta, Jawa Tengah.

Warung sate ini memang terkenal legendaris karena sudah ada sejak 1980. Langganannya kebanyakan tokoh penting. Saat Presiden Soeharto masih menjabat, beliau bersama keluarga sering mampir ke warung sate ini.

Soeharto tak pernah ketinggalan untuk memesan sate buntel dengan lemak. Daging kambing yang digunakan untuk satenya adalah kambing yang berumur satu tahun. Karenanya teksturnya empuk dan tidak berbau.

Baca Juga : Soekarno Penggemar Berat Sate, Punya Tempat Sate Favorit di Bandung

2. Sate Haji Tukri

5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY5 Warung Sate Langganan Presiden, dari Jokowi hingga SBY Foto: Instagram @iamdarrenho


Warung Sate Haji Tukri berlokasi di Ponorogo, Jawa Timur. Tepatnya di Jalan Lawu Gang 1, Nomor 43. Warung sate yang satu ini merupakan langganan dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Warung Sate Haji Tukri juga terkenal legendaris. Warungnya sudah beroperasi sejak tahun 1975. Berawal dari jualan di pinggir jalan, kini Sate Haji Tukri sudah memiliki gerai.

Yang menjadi ciri khas dari sate di sini adalah ukuran dagingnya yang besar-besar. Bukan hanya itu, pemberian bumbu kacangnya juga melimpah ruah. SelainSBY, presidenJokowi juga pernah mampir di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sup Pasta Fusilli Kuah Putih"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya