Viral Foto SBY 'Jualan' Nasi Goreng, Ini Faktanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 25 Jan 2021 12:00 WIB
Fakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi Goreng Foto: Twitter @andiarief__
Jakarta -

Beberapa hari lalu viral di Twitter foto Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjualan nasi goreng. Benarkah hal itu? Berikut faktanya.

Melalui akun Twitter miliknya, Andi Arief yang merupakan politisi dari Partai Demokrat mengunggah foto sekaligus cuitan mengenai Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhono (SBY) pada 23 Januari 2021 lalu.

Dalam unggahannya, Andi Arief menampilkan sebuah foto yang memperlihatkan SBY usai memasak dan terdapat baliho besar bertuliskan 'Nasi Goreng ala SBY'. Andi Arief juga menuliskan cuitan, "Ekonomi makin berat, jual nasi goreng jadi opsi."

Fakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi GorengFakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi Goreng Foto: Twitter @andiarief__

Hal ini tentu menjadi pertanyaan publik sampai akhirnya viral. Benarkah Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono banting stir 'berjualan' nasi goreng seperti yang dituliskan dalam cuitan Andi Arief?

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Ossy Dermawan kepada detikFood (25/1) menjelaskan melalui pesan WhatsApp perihal foto viral SBY 'jualan' nasi goreng itu. Ia mengatakan tidak ada niat SBY untuk berjualan nasi goreng.

Baca Juga: Doyan Ngopi, Ini Momen SBY dengan Secangkir Kopi

Nasi goreng itu memang disiapkan oleh Presiden ke-6 RI itu untuk beberapa sahabat di sebuah pertemuan. "Pak SBY menyiapkan nasi goreng ala SBY. Kali ini Pak SBY mengundang beberapa sahabat. Momen ini kemudian diabadikan," jelas Ossy Dermawan.

"Andi Arief rupanya dengan inisiatif pribadi kemudian menyebarkan salah satu foto momen tersebut via akun Twitternya. Jadi, kegiatan ini hanya sekadar menghabiskan waktu di kala pandemi. Pertemuan biasa dengan tetap menerapkan protokol Covid-19. Tidak ada niat lain," lanjutnya.

Fakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi GorengFakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi Goreng Foto: Twitter @andiarief__

Ossy Dermawan juga menjelaskan kalau SBY memang memiliki hobi memasak. SBY juga menyukai dan bisa memasak nasi goreng.

"Kebetulan Pak SBY adalah penggemar nasi goreng dan pandai memasak nasi goreng. Resepnya khusus," ujar Ossy Dermawan.

Perihal foto pada baliho besar yang bertuliskan 'Nasi Goreng ala SBY', terdapat sosok SBY sedang memasak nasi goreng bersama Almarhumah Ani Yudhoyono. Baliho itu dipasang hanya untuk mengenang masa-masa indah mereka.

"Dulu Pak SBY dan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono sering memasak nasi goreng bersama. Ada fotonya bersama Ibu Ani kala itu di Istana Cipanas saat membuatkan nasi goreng untuk tamu para Dubes negara sahabat," ungkap Ossy Dermawan.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato refleksi akhir tahun di JCC, Jakarta, Rabu (11/12/2019).Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: Agung Pambudhy

"Foto tersebut kemudian dijadikan banner untuk mengenang masa-masa indah itu," lanjutnya.

Menurut Ossy Dermawan, SBY juga sempat memperkenalkan nasi goreng ala SBY ini kepada para atlet klub voli Lavani yang melakukan karantina di Cikeas. Hal ini ia lakukan dalam mengisi waktu senggang sekaligus untuk memotivasi para atlet Lavani agar makin giat berlatih.

Hobi memasak SBY lainnya juga pernah ia tunjukkan dalam unggahan di akun Instagram milik mendiang sang istri @aniyudhoyono. Foto-foto yang dibagikan olehnya memperlihatkan aksi seru SBY saat memasak kupat tahu yang merupakan salah satu makanan favoritnya.

Fakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi GorengFakta Seputar Viral SBY Jualan Nasi Goreng Foto: Instagram @aniyudhoyono

"Di hari Minggu ini, masih dalam suasana tahun baru 2021, saya masak Kupat Tahu ala Pacitan di rumah Cikeas. Untuk teman-teman ketahui, kupat tahu Pacitan rasanya khas. Barangkali sama enaknya dengan kupat tahu pojok di Magelang (langganan saya dan Ibu Ani dulu) . Atau kupat-kupat tahu andalan di kota-kota lain. Kalau ada waktu, teman-teman bisa mencobanya di rumah masing-masing," kata SBY dalam keterangan fotonya.

Baca Juga: Awal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas Pacitan



Simak Video "Polemik UU Cipta Kerja dan Dilema Pengambilan Kebijakan di Mata SBY"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com