Sate Kambing Batibul Bang Awi : Maknyus! Empuknya Sate Kambing Legendaris

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 16 Des 2020 12:00 WIB
Sate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Menu sate kambing yang ditawarkan

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Untuk menu makanan di Sate Kambing Batibul Bang Awi mirip seperti warung sate lainnya. Tapi di sini pilihan satenya lebih spesifik dan bisa dipilih sesuai selera. Misalnya sate kambing batibul biasa (Rp 5.000/per tusuk). Kemudian ada sate kambing spesial tanpa lemak (Rp 5.900/per tusuk).

Kalau suka kombinasi sate kambing gurih wajib pesan Sate Kambing Campur (Rp 5.300/per tusuk). Tersedia juga menu Sate Ayam (Rp 3.750/per tusuk) yang tak kalah enak dengan potongan daging tanpa lemak, lengkap dengan saus kacangnya yang gurih.

"Selain menu sate kambing batibul, di Bang Awi juga populer menu lainnya. Biasanya orang-orang paling suka makan sate ditemani sop daging kambing kuah bening. Kalau suka yang beraroma biasanya pada pesan tongseng kambing," tutur Rizal.

Empuk dan hangat hingga gigitan terakhir

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Semua pesanan sate disajikan di atas hotplate yang mengepul panas. Di sini sate kambing disajikan dengan irisan acar segar berupa potongan bawang merah dan tomat serta kecap. Acarnya tidak menggunakan cabe rawit melainkan sambal ulek yang tak kalah pedas.

Dari penampilannya, warna sate kambing tanpa lemak pucat dengan tekstur luar daging yang sedikit merah. Karena memakai daging kambing muda. Meski potongan daging sate relatif besar tetapi saat digigit tekstur sate kambing benar-benar empuk lembut.

"Ciri khas sate kambing di Tegal ya memang terletak pada empuknya daging sate dan tidak berbau," jelas Rizal.

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Pemakaian hotplate membuat sate tetap hangat hingga tusuk terakhir. Dimakan tanpa acar pun rasa satenya sudah gurih enak. Tentunya rasa sate kambing di Bang Awi ini semakin sedap setelah dipadukan dengan acar kecap yang segar.

Tak kalah enak dari sate tanpa lemak, sate kambing yang menggunakan potongan lemak juga juara di sini. Rasa sate jauh lebih gurih karena ada selipan lemak kambing yang menambah cita rasa sedap di setiap gigitan sate. Meskipun potongan lemak kambingnya cukup besar, tapi rasanya tidak bikin enek.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Kambing Muda di Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com