Sate Kambing Batibul Bang Awi : Maknyus! Empuknya Sate Kambing Legendaris

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 16 Des 2020 12:00 WIB
Sate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni
Jakarta -

Sate kambing wajib dicicipi saat mampir ke Tegal. Di warung Sate Kambing Batibul Bang Awi ini ada sate kambing yang kondang lezatnya sejak 1996.

Tegal bisa ditempuh kurang dari lima jam dari Jakarta. Selain jajanan tahu acinya yang ikonik, ada juga makanan lainnya yang jadi menu kulineran wajib banyak orang jika sedang berada di Tegal.

Salah satunya sate kambing muda. Sate kambing muda ini menjadi ikon kuliner kota Tegal sejak dulu. Hampir di setiap sudut kota terdapat warung sate yang spesial dengan menu sate kambing mudanya.

Tapi dari sekian banyak warung sate kambing muda di Tegal, warung Sate Kambing Batibul Bang Awi lah yang paling tersohor. Tempat makan yang satu ini selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya. Mulai dari warga Tegal sampai wisatawan yang penasaran dengan kepopuleran sate kambing batibul satu ini.

Dalam perjalanan Road Trip Jakarta-Bali (15/12), detikFood mencicipi sate kambing batibul milik Bang Awi yang populer sejak 24 tahun silam.

Lokasi strategis

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Hanya butuh waktu kurang dari 10 menit dari pintu keluar tol Tegal, menuju Sate Kambing Batibul Bang Awi yang terletak di Jalan Adiwerna. Lokasi restorannya mudah dijangkau karena berada di jalan raya dan berada di pusat kota Tegal.

Berbeda dengan warung sate pada umumnya. Di Bang Awi, pengunjung akan disambut dengan pemandangan rumah bergaya Belanda. Bagian dalam rumah kuno ini disulap jadi tempat makan sate yang ikonik.

"Kalau buka pertama kali itu sejak tahun 1996. Bang Awi sendiri punya tiga cabang, namun yang paling populer dan dikunjungi banyak orang adalah cabang Adiwerna ini," ujar Rizal, salah satu pegawai di sana yang sudah bekerja lama di Bang Awi.

Pelayanan yang cepat

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Meski tempat makan ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung, tapi pelayananya cukup cepat. Banyak pegawai yang siap membantu setiap pengunjung. Mulai dari mencatat pesanan, sampai menyajikan sate pesanan pengunjung dalam hitungan menit.

"Kalau di sini selalu ramai. Banyak orang datang silih berganti untuk makan siang, atau makan malam. Banyak juga wisatawan yang datang, seimbang dengan warga dari Tegalnya sendiri," lanjut Rizal.

Ia mengungkapkan bahwa dalam satu hari saja, Sate Batibul Bang Awi mampu menghabiskan sekitar 25 - 30 kg daging kambing muda. Tentunya semua daging sate menggunakan kambing yang usianya dibawah tiga bulan (batibul).

"Setiap hari kami potong kambing sendiri. Jadi semuanya masih fresh ya dagingnya. Kualitasnya terjaga karena kambing mudanya benar-benar dipilih," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Kambing Muda di Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com