Nasi TO: Komplet! Nasi Tutug Oncom dengan Ayam Goreng Khas Sunda

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 05 Okt 2017 11:55 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kangen dengan masakan Sunda? Di warung ini, Anda bisa mencicip beragam nasi dengan paduan lauk khas Sunda. Ada tutug oncom, nasi timbel hingga nasi bakar yang raos!

Warung Nasi Tutug Oncom ini lokasinya ada di Jalan Pamulang Permai,Tangerang Selatan. Sudah ada sejak tahun 2006, warung ini didirkan oleh Pak Lim. Warung ini terlihat luas dengan area makan yang terdiri dari meja dan kursi kayu serta tempat lesehan yang ada di sisi kanan dan kiri.

Baca juga: Opah Mami: Sedap Enak Nasi Tutug Oncom dan Nasi Liwet Peda Berlauk Komplit

Nasi TO: Komplet! Nasi Tutug Oncom dengan Ayam Goreng Khas SundaFoto: dok. detikFood

Saat kami mampir, warung nasi ini sangat ramai. Melihat daftar menunya tentu tak lain adalah menu khas Sunda yang sedap. Kalau ingin menikmati sajian nasi yang komplet, disarankan Anda memilih ragam paket nasi. Akan tetapi jika ingin nambah, ada juga menu lainnya sepertu gurame asam manis, ayam bakar hingga cah kangkung.

Karena sudah lapar dan ingin mencoba sajian nasinya, kamipun langsung memesan paket 10 nasi tutug oncom komplet (Rp 21.000) dan paket 4 nasi timbel spesial (Rp 30.000).

Pecinta makanan pedas, wajib mencoba ini. Dalam satu sajian, terdiri dari nasi tutug oncom yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi tutug oncom disajikan dengan ayam goreng nikmat, bakwan jagung, sambal dan lalapan.

Campuran nasi putih dan tumbukan oncom hitam gurih dengan aroma kencur yang khas. Oncomnya berwarna kecokelatan dengan tekstur empuk, perpaduan aroma oncom dan kencur juga cukup menggelitik hidung ketika kami menyantapnya. Sangat pas dinikmati bersama dengan ayam goreng dengan bumbu kuning yang meresap dan sedikit agak basah.

Campur nasi oncomnya bersama dengan sambal goang. Sambal ini adalah sambal khas orang Tasikmalaya. Rasanya terjejak ada cabai rawit hijau, garam dan sedikit kencur dengan sedikit campuran minyak panas. Rasanya pedas menyengat tapi sangat pas dinikmati dengan nasi, ayam, bakwan jagung yang renyah dan aneka lalapan seperti timun serta daun pohpohan.

Nasi TO: Komplet! Nasi Tutug Oncom dengan Ayam Goreng Khas SundaFoto: dok. detikFood

Baca juga:
Huah! Pedasnya Sengatan Sambal Goang Khas Tasikmalaya

Nah, bagi Anda yang kurang suka dengan oncom, bisa memilih nasi timbel. Nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang disajikan lengkap dengan ayam goreng, gepuk, tahu goreng, ikan asin jambal roti, sayur asem, sambal dan lalapan. Disajikan hangat-hangat, tentu kami tertarik untuk menyeruput sayur asemnya.

Sluurp! Rasanya asam gurih dengan semburat manis. Isiannya berupa kacang panjang, labu siam, jagung manis, dan jagung muda. Tentu sangat pas dinikmati dengan ayam goreng yang empuk gurih dengan paduan bumbu kuning yang sedap dan meresap. Ada juga tahu goreng dan gepuk empuk dengan sensasi rasa yang dominan manis mengiringi santap siang kali ini.

Nasi TO: Komplet! Nasi Tutug Oncom dengan Ayam Goreng Khas SundaFoto: dok. detikFood

Berbeda dengan sambal goang, sambal merah ini rasanya tak terlalu pedas. Tentu tetap dipadu dengan lalapan segar berupa daun pohpohan dan irisan timun.

Keduanya punya citarasa yang enak dan dijamin kekenyangan. Segarkan tenggorokan dengan segelas es jeruk (Rp 6.000), mantap! Kalau mau datang ke sini sebaiknya jangan hari Jum'at ya. Karena setiap hari Jum'at warung ini libur, tapi di hari lainnya buka hingga pukul 10 malam. Ohya, jika Anda ingin memesan katering, warung ini juga menyediakan loh menu khas Sunda.

Warung Nasi Tutug Oncom
Jl. Pamulang Permai I Blok AX No. 20
Pamulang, Tangerang Selatan
(Belakang Giant Supermarket Pamulang)
Telp: (021) 7405259 / 081293666690

(adr/odi)
Load Komentar ...