Huah! Pedasnya Sengatan Sambal Goang Khas Tasikmalaya

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 29 Apr 2016 16:00 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Tasikmalaya juga punya sambal enak. Aneka cabai dengan tambahan bawang, diulek kasar. Semakin enak disantap dengan nasi tutug oncom hingga aneka lauk. Mantap!

Sambal goang menjadi salah satu jenis sambal yang khas di Jawa Barat, Khususnya Tasikmalaya. Masyarakat Tasikmalaya selalu mengonsumsi makanan dengan tambahan sambal dan juga lalapan. Salah satu makanan yang populer disajikan dengan sambal goang adalah pepes, nasi tutug oncom dan juga ayam hingga ikan goreng.

Sambal goang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam dan kencur. Dalam proses pembuatannya, Anda cukup menghaluskan cabai rawit, bawang putih, garam dan kencur. Kemudian disiram dengan sedikit minyak panas sehingga aromanya sedap dan cabai agak layu.



Selain bisa didapatkan di beberapa rumah makan, sambal goang juga sering disajikan di rumah-rumah masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan sambal goang merupakan sambal mentah yang bisa dibuat dadakan, bahkan jika Anda hanya menyantapnya dengan nasi saja rasanyapun cukup enak.



Penasaran untuk mencicip sambal goang di Tasikmalaya, akhirnya kami memanfaatkan jaringan terkuat dan tercepat untuk mencari rumah makan mana saja yang sediakan sambal goang ini.

Ternyata dari hasil pencarian, rumah makan ini bukan spesialis sambal. Melainkan, menyajikan aneka makanan yang gurih mengenyangkan dengan sambal khas Sunda.




RM. Pepes Jembar
Jl. Laswi, Tasikmalaya

Nasi T.O Mr. Rahmat 1&2
Jl. Paseh, Tasikmalaya

Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia." (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com