Opah Mami: Sedap Enak Nasi Tutug Oncom dan Nasi Liwet Peda Berlauk Komplit

Maya Safira - detikFood Selasa, 13 Jan 2015 12:09 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Makanan ​tardisional ​selalu menggoda untuk pilihan santap siang. Seperti beragam sajian khas Nusantara yang disajikan restoran ini. Ada Nasi Tutug Oncom dan Nasi Liwet Peda yang gurih dengan lauk komplit. Mantap dan mengenyangkan!

Sedang bingung memilih tempat makan siang, seorang teman merekomendasi restoran yang tak jauh dari kantor. Katanya restoran ini menyajikan Nasi Liwet Peda Ibu Nurul Cianjur.

Berlokasi di kawasan Warung Buncit, restoran bernama "Opah Mami" memiliki area outdoor dan indoor. Dekorasinya bergaya semi vintage dengan pemakaian meja dan kursi kayu. Banyak pajangan antik khas Indonesia di sudut-sudut restoran. Ada juga bantal-bantal di kursi dan sofa yang menambah kenyamanan restoran. Suasananya yang homey membuat betah berlama-lama di sini.

Opah Mami menawarkan beragam sajian Indonesia. Menunya dibagi dengan kategori unik seperti Kunyahan Ringan, Nasi Jagoan, Nasi Digoreng, Serasi Sama Nasi, Sruputan dan Cuci Mulut. Pilihan makanannya antara lain Bakso kampung, Nasi liwet komplit, Nasi bakar teri, Nasi goreng ijo, Sate maranggi, Ikan mas balita goreng, dan Tumis lidah asin.

Kami pun memilih Nasi Tutug Oncom Komplit (Rp 60.000) dan Nasi Liwet Peda Komplit (Rp 60.000) yang jadi andalan restoran. ​Kedua sajian tiba di meja kami dalam keadaan panas. Nasi tutug oncom disajikan bersama sepotong ayam goreng kremes, dua potong tempe goreng, dan 1 potong tahu goreng. Pelengkapnya berupa lalapan (selada, kol, mentimun), sambal dan semangkuk kecil sayur asam.

Saat dicicipi, campuran nasi putih dan tumbukan oncom bercitarasa gurih. Oncom hitamnya bertekstur kering ​renyah ​bekas bakaran. Aroma oncom ​dan kencurnya ​menggelitik hidung kami tiap menyantapnya. Terdapat campuran ikan teri medan goreng di dalam nasi tutug oncom yang menambah sensasi gurih.

Ayam gorengnya sendiri diberi keremesan di atasnya. Ketika dicoba, potongan dada ayam ini begitu gurih dengan bumbu meresap hingga ke dalam seratnya. Terjejak rasa bawang putih, lengkuas dan kunyit dalam ayam goreng berbumbu kuning itu. Dagingnya juga empuk lembut. Sayangnya, keremes pelengkap ayam kurang garing dan sedikit melempem​. Jadi kurang seru.​

Tahu dan tempe pendamping sajian juga bercitarasa gurih. Teksturnya pun lembut, enak dicocol dengan sambal berwarna kemerahan. Sambal ulek ini begitu pedas menyengat. Tercecap rasa bawang merah, cabai rawit dan terasi. ​Ah, panas pedas sengatan sambal ini sukses membuat keringat bermunculan. ​

Untuk menyeimbangkan rasa, kami pun menyeruput sayur asam. Rasanya manis asam dan menyegarkan. Terdapat potongan jagung, kacang panjang, daun melinjo dan kacang tanah dalam sajian tersebut.

Nasi Liwet Peda Komplit memiliki sajian pelengkap tak jauh berbeda dengan Nasi Tutug Oncom. Nasi Liwet dihidangkan bersama ikan peda goreng, sambal, lalapan, dan sayur asam. Di​ ​atas nasi terdapat taburan teri medan goreng dan irisan cabai​ merah​.

Paduan aroma santan, serai dan daun salam menguar dari nasi liwet ini. Saat kami menyuap nasi ke dalam mulut, rasanya gurih aromatik. Disantap bersama ikan teri yang garing jadi semakin enak. Adapun ikan pedanya bercitarasa asin gurih. Tekstur ikan kembung yang diasinkan ini lembut dan mudah dipotong dengan sendok. Cocok disantap bersama sambal ulek yang pedas dan nasi liwet hangat.

Meski perut sudah cukup kenyang, kami masih penasaran dengan nasi goreng olahan Opah Mami. Kami pun mencoba Nasi Goreng Teri Istimewa (Rp 32.500) yang ​jadi ​favorit di sini. Tak seperti dugaan kami, nasi gorengnya ternyata berwarna hijau. Telur dadar yang tipis dan lebar mengalasi nasi goreng hingga menutupi separuh bagian atas nasi. Ketika telur disingkap, terlihat taburan bawang goreng di permukaan nasi. Terinya sendiri sudah dicampur ke dalam nasi goreng.

​Rupanya ​warna hijau berasal dari cabai hijau​ yang dihaluskan​. Pantas saja ada aroma cabai hijau pada sajian ini. Kami pun tak sabar mencobanya. Rasanya sangat gurih dengan jejak merica cukup kuat. Meski nasi berbalur cabai, namun tak ada rasa pedas pada hidangan. Irisan daun bawang memberi tambahan aroma pada nasi goreng. ​Lincin tandas dalam waktu singkat​.

Untuk pembilas mulut, Opah Mami menyajikan beragam minuman. Mulai dari Teh Lemon Anget, Es Kopi Aseng, hingga Jus Kedondong. Ada juga dessert seperti pisang bakar, es campur dan es cincau hitam. Yuk mampir!

Opah Mami
The Promenade
LOT 10
Jl. Warung Buncit Raya No. 98
Pejaten Barat
Jakarta Selatan
Telp: 021-7980316

(msa/odi)