ADVERTISEMENT

BMBB: Gurih Juicy! Burger Cabin Style ala Duo 'BBQ Mountain Boys'

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 12:00 WIB
BMBB: Gurih Juicy! Burger Cabin Style ala Duo BBQ Mountain Boys
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Bandung -

BBQ Mountain Boys Burger (BMBB) banyak direkomendasikan foodies Bandung karena kelezatan rasanya. Kreasi burger gaya Amerika ini diperkenalkan dua pegiat outdoor lifestyle yang senang mengurusi kebun kopi dan membuat BBQ di alam.

Menelusuri tempat makan burger enak di Bandung, banyak unggahan warganet di media sosial menyarankan satu nama. Adalah BBQ Mountain Boys Burger (BMBB) yang disebut-sebut punya kreasi burger enak.

Tak sekadar enak, konsepnya yang berupa burger homemade gaya kabin (cabin style) dengan tempat bersantap nuansa 'country' jadi nilai tambah. Lokasinya strategis di area luar ruangan Paskal Hyper Square, salah satu mall populer di Bandung.

Diciptakan duo pria pegiat outdoor lifestyle

BMBB: Gurih Juicy! Burger Cabin Style ala Duo 'BBQ Mountain Boys'Gerai BBQ Mountain Boys Burger yang ada di Paskal Hyper Square, Bandung. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

BBQ Mountain Boys Burger didirikan Hedi Rusdian (29) dan Gianjar Saribanon (40), sosok di balik channel YouTube BBQ Mountain Boys. Keduanya mengusung konten soal gaya hidup di alam (outdoor lifestyle).

Mengutip Insider (19/5/2021), pada channel YouTube yang dibuat sejak 2018 itu, Hedi dan Gian menunjukkan kehidupan khas pedesaan yang dekat dengan alam. Kontennya ini menarik minat jutaan penonton, termasuk dari luar negeri.

Mereka menunjukkan bagaimana hidup di hutan, masak BBQ, merawat perkebunan kopi, dan bersenang-senang. Keduanya tinggal di area Coffee Farm & Creative Space yang disebut SAUX. Lokasinya ada di Lembang, Bandung.

Lahan perkebunan ini adalah milik Gianjar yang dibeli tahun 2014. Luasnya 20 ribu meter persegi, berada di tengah pepohonan pinus, pisang, bambu, hingga singkong.

Gianjar lalu bertemu Hedi yang juga memiliki kecintaan terhadap alam dan hidup di alam. Hedi awalnya bekerja untuk sebuah merek aksesoris metal di Jepang.

Di sana ia terpikat dengan kehidupan dan cara kerja para petani di Jepang. Ia lantas berpikir mengapa petani di Indonesia tidak bisa seperti itu padahal Indonesia punya 'warisan' perkebunan kopi yang kaya dan ada banyak kedai kopi di sini.

Kehidupan petani pun identik miskin. Hedi dan Gianjar kemudian terpikir mengembangkan pertanian 2.0.

Selain itu, masing-masing dari mereka punya keahlian khusus seperti Gianjar yang piawai merawat perkebunan kopi dan Hedi yang jago bikin BBQ di alam.

Hedi bahkan sering menjamu tamu yang datang ke perkebunan dengan suguhan daging panggang. Misalnya steak wagyu yang dibalur kopi dan dimasak dalam smoker tradisional berbahan kayu yang ditebang sendiri.

BBQ Mountain Boys Burger, burger homemade konsep cabin style

BMBB: Gurih Juicy! Burger Cabin Style ala Duo 'BBQ Mountain Boys'Proses membuat burger bisa diintip karena dapur restoran berkonsep 'open space'. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Hedi dan Gianjar terus membangun BBQ Mountain Boys sebagai 'brand' secara serius hingga akhirnya berkembang. Pada Desember 2019, mereka meluncurkan restoran BBQ Mountain Boys Burger di Bandung.

Hedi yang bertanggung jawab atas menu di sini. Dalam unggahan YouTube BBQ Mountain Boys (14/1/2021) berjudul Burger Bagi Sekte Pemuja Daging, terlihat ia juga dibantu sosok bernama Upay.

Hedi mengaku pilih berjualan burger karena hidangan daging ini memiliki pangsa pasar yang lebih luas dibanding steak, misalnya. Hidangan ini juga tergolong lebih simpel dibuat.

"Gue pengin melihat burger yang mudah diterima sama orang Indonesia. Selama pengalaman gue makan burger, setelahnya merasa begah," katanya. Ia pun punya visi membuat burger yang enak, namun tak memunculkan rasa terlalu kenyang atau penuh setelah memakannya.

Ia dan Upay meracik semua komponen burger secara homemade. Untuk roti-nya berupa brioche buatan Upay.

Sementara patty burger dibuat Hedi. Ia meraciknya dari beberapa bagian daging sapi. Dari yang minim lemak sampai yang berlemak. "Gue pengin patty gue tetap lean (minim lemak), tapi tetap juicy," katanya.

Patty juga diracik dari campuran gilingan daging sapi berbagai ukuran. Hedi mencampur yang halus dan agak kasar untuk menciptakan tekstur patty burger nantinya.

Ketika dimasak, patty juga dibaluri bumbu (rub) khusus racikan Hedi. Ia mengatakan rub ini punya banyak rasa, bukan hanya garam dan merica. Patty lalu dimasak dengan tingkat kematangan medium agar tetap juicy.

Informasi soal kelezatan burger buatan BBQ Mountain Boys Burger ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Kelezatan Burger Cabin Style yang Gurih dan Juicy"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT