Social Affair: Krenyes Manis Croffle Nutella dan Cinnamon Ada di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 07 Des 2020 17:00 WIB
Social Affair: Krenyes Manis Croffle Nutella dan Cinnamon Ada di Sini Foto: detikFood
Jakarta -

Kafe ini punya kreasi hybrid pastry yang layak dicoba. Namanya croffle yang menggabungkan konsep croissant dan waffle dalam satu gigitan.

Food hybrid merupakan tren kuliner yang selalu sukses jadi perbincangan. Pembuatnya akan memadukan dua jenis makanan menjadi satu hidangan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu kreasi food hybrid terkenal adalah cronut yang dibuat pastry chef Prancis terkenal, Dominique Ansel. Cronut merupakan gabungan 'croissant' dan 'donat' yang dibuat tahun 2013.

Selain cronut, muncul lagi banyak food hybrid lain yang menyita perhatian foodies. Misalnya saja pizza cone, ramen burger, burger sushi, sampai donolli yang merupakan persilangan donat dan cannoli.

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan food hybrid itu 'lahir' di luar negeri seperti di Eropa dan Amerika Serikat. Barulah ketika hidangannya hits, kepopulerannya sampai ke negara Asia seperti Indonesia.

Croffle di Indonesia

Social Affair: Krenyes Manis Croffle Nutella dan Cinnamon Ada di SiniSocial Affair: Krenyes Manis Croffle Nutella dan Cinnamon Ada di Sini Foto: detikFood

Salah satu yang populer adalah paduan burger dan sushi. Menu ini bahkan masih dijual sampai sekarang dengan nama burgushi.

Lalu pada tahun 2017 sempat muncul kreasi Crosspresso buatan XCoffee di Woltermonginsidi. Berupa croissant yang dibentuk seperti cangkir lalu diisi espresso di dalamnya.

Baca Juga: XCoffee: Menikmati Kopi Tak Biasa dalam Secangkir Croissant!

Terbaru, kafe Social Affair jadi incaran para foodies karena memperkenalkan food hybrid bernama Croffle. Hidangan ini muncul saat pandemi Covid-19, tepatnya sekitar bulan Agustus 2020.

Croffle menggabungkan dua jenis pastry populer yaitu croissant dan waffle. Menu ini semakin menarik selera karena dipadukan dengan beragam topping dan cocolan.

Konsep croffle di Social Affair

Croffle dibuat dari adonan croissant yang dimasak di panggangan waffle. Jadi pihak kafe sudah menyiapkan croissant mentah yang siap dipanggang setiap ada pesanan.

Panggangan yang dipakai khas untuk waffle. Bentuknya bundar dengan motif kotak-kotak kecil. Lalu untuk memasaknya, adonan croissant ditaruh di dalam panggangan dan tinggal di-press selama proses masak.

Proses memasaknya hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja sampai permukaan croffle berwarna kuning keemasan. Setelah itu croffle didiamkan sebentar sebelum ditambah topping untuk disajikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com