XCoffee: Menikmati Kopi Tak Biasa dalam Secangkir Croissant!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 22 Agu 2017 18:00 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Minum kopi dalam gelas biasa sudah terlalu mainstream. Di sini Anda bisa menikmati perpaduan racikan kopi dengan susu dalam potongan croissant. Hmm, enak!

Kopi susu dengan perpaduan susu memang sedang jadi tren di kalangan pecinta kopi dan juga penggemar kuliner. Menangkapi kepopuleran ini, kini ada salah satu gerai kopi yang bisa Anda cicip yaitu XCoffee. Tidak sekedar minum dengan menggunakan gelas atau cangkir, di sini Anda diajak untuk menikmati pengalaman seru dengan menyeruput kopi dalam sebuah cone, cookies shot hingga croissant.

Baca juga: Toko Kopi Tuku: Menikmati Kopi Susu Tetangga dan Donat Kampoeng yang Ramah di Kantong

Bagian dalam kafe XCoffee di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.Bagian dalam kafe XCoffee di kawasan Tendean, Jakarta Selatan. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood


XCoffee yang merupakan gerai kopi mungil di kawasan Tendean ini bisa jadi pilihan menarik, tepatnya di dalam Neo Hotel Tendean. Tidak memiliki menu makanan berat, di sini Anda hanya bisa mencicip es kopi susu, kopi hangat, pastry hingga roti bakar.

Tak terlalu besar, kafe ini memang lebih banyak dipesan via ojek makanan online untuk es kopi susunya. Interior bagian dalamnya juga didominasi oleh tulisan aljabar matematika yang mengingatkan kami dengan pelajaran waktu sekolah. Dengan tagline, Find X, Not Your e(X), ini dimaksudkan untuk temukan apapun X-nya, asalkan jangan masa lalu, e(X) alias mantan. Jadi jangan sampai selalu keingat mantan yah.

Penasaran dengan racikan kopi aslinya, kami akhirnya memesan X-M (Rp 17.000). Diracik dengan kopi house blend, bubuk kopi dibuat menjadi espresso dan dicampurkan dengan susu yang sudah di steaming serta gula merah cair dan es batu. Kalau minum di sana, kopinya akan disajikan dengan cangkir kaca. Tapi kalau take away, disajikan dalam gelas plastik bertutup rapih.

"Kopinya memang house blend tapi menggunakan kopi lokal asal Sumatera," jelas Carina, pemilik XCoffee kepada detikFood (21/08).

Rasa kopinya kuat dengan semburat pahit dan tak terlalu asam. Rasa pahitnya agaknya tertolong dengan campuran susu yang sudah di steaming sehingga membentuk tekstur yang creamy.

Es kopi susu X-M dan Crosspresso di XCoffee.Es kopi susu X-M dan Crosspresso di XCoffee. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Bosan dengan es kopi biasa, Anda bisa langsung memesan Crosspresso (Rp 27.000). Ini bisa dikatakan sebagai persilangan dua jenis makanan yang biasa disebut dengan food hybrid. Croissant yang dibentuk mirip seperti muffin ini di bagian dalamnya dilapisi dengan selai hazelnut yang didinginkan sehingga keras. Dan dibagian atasnya juga diberi olesan selai hazelnut dan juga diberi taburan remahan permen cokelat warna-warni.

Sang baristapun dengan sigap meracik espresso dan membentuk latte art berbentuk hati. Kalau yang satu ini rasanya lebih susu dengan kombinasi rasa selai hazelnut yang manis. Sesaat setelah disajikan, Anda bisa menyeruput kopi terlebih dahulu kemudian menggigit croissantnya. Yummy!

Roti bakar taro yang bisa dipadukan dengan es kopi susu.Roti bakar taro yang bisa dipadukan dengan es kopi susu. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Masih belum puas, Anda juga bisa memesan seporsi roti bakar dengan aneka rasa (Rp 25.000). Disajikan hangat-hangat, roti diisi dengan selai taro yang manis dengan semburat rasa susu. Karena rasanya manis, menurut kami roti bakar lebih cocok dipadukan bersama dengan es kopi susu.

Buka sejak pagi pukul 06.30 hingga 21.30. Sehingga tidak hanya bisa bersantai di pagi hari, tapi juga bisa bersantai sepulang bekerja seharian. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Baca juga: Begini Cara Meracik Es Kopi Susu Kekinian yang Enak

X Coffee
Jl. Wolter Monginsidi No. 131
Senopati, Jakarta Selatan
Telp: (021) 7226688




(lus/odi)
Load Komentar ...