Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang Sedap

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 05 Okt 2018 12:05 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Restoran satu ini punya makanan rumahan dengan beragam pilihan. Ada cumi cabe rawit, sate ayam, hingga beef steak dengan gaya tradisional.

Berkunjung ke Pejaten Village, ada restoran Kembang Lawang yang letaknya sedikit 'ngumpet' di lantai 2. Dekat dengan tempat bermain anak-anak. Restoran yang satu ini dipenuhi oleh beberapa orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya bermain.

Baca Juga: Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam Besek

Di bagian dinding terdapat mural penunjuk jalan, berwarna-warni cerah. Kapasitas restoran ini cukup besar, dengan sofa berwarna cerah di ujung ruangan, serta interior yang nyaman.
Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang SedapFoto: dok. detikFood
Selain mural, terdapat gambar-gambar menu makanan andalan yang terpajang di dinding. Bikin lapar! Akhirnya kami memesan Nasi Cumi Goreng Cabe Rawit (Rp. 42.500,-), Sate Ayam (Rp. 49.000,-), dan Steak Djawa (Rp. 89.500,-).

Menunya tak terlalu asing. Makanan tradisional populer dengan sentuhan baru. Semuanya disajikan dalam porsi yang cukup royal, tidak terlalu sedikit tapi porsinya mengenyangkan.

Aroma bumbu kacang dari sate ayam langsung menarik perhatian kami. Menu Sate Ayam, disajikan di atas daun pisang, terdiri dari 10 tusuk sate yang diguyuri bumbu kacang, dan ditaburi bawang goreng. Lengkap dengan nasi putih yang masih hangat.
Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang SedapFoto: dok. detikFood
Daging ayamnya empuk dengan rasa gurih manis dari bumbu kacang yang melapisi permukaan. Selain itu, semua bagian sate terdiri dari daging ayam, tidak ada bagian lemak atau kulit. Rasanya semakin enak ketika disuap dengan nasi putih.

Puas dengan sate ayam, kami beralih ke Steak Djawa. Steak ini merupakan menu khas dari Kembang Lawang, terdiri dari potongan daging sapi sirloin, disajikan dengan bumbu, jagung, dan potongan kentang goreng. Tampilannya semakin menarik, setelah setup sayuran diletakkan di atas pangsit goreng.

Meski tidak disajikan di atas hot plate seperti steak pada umumnya. Tapi bunyi desis panas dari saus dan daging masih terdengar, ketika steak diantarkan ke meja kami. Ukuran beefsteak memang tidak terlalu besar, tapi cukup tebal dan mengenyangkan.

Ketika dipotong, daging tidak alot, dan mudah untuk dikunyah. Tidak ada tingkat kematangan, karena ini merupakan steak khas Jawa, mirip seperti bistik namun diberikan sentuhan kekinian. Jadi dagingnya dimasak well done.
Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang SedapFoto: dok. detikFood
Yang membuat Steak Djawa ini unik, justru terletak di sausnya. Bukan menggunakan saus jamur atau saus BBQ, tapi Kembang Lawang justru menggunakan sauas kecap Inggris dan kecap manis yang kental, khas bistik Jawa. Rasanya semakin unik setelah saus steak dicampur dengan sambel cabe rawit merah, dan irisan bawang bombay.

Ketika steak dicocol ke saus, rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis. Kentang goreng disajikan dalam bentuk bulat, dan cocok untuk dimakan bersama jagung, setup sayuran, dan potongan lembut sirloin.

Terakhir ada Nasi Cumi Goreng Cabe Rawit, salah satu menu yang paling banyak dipesan. Nasi putih hangat, disajikan dengan cumi goreng berbalut tepung krispy, yang ditumis menggunakan cabe rawit.
Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang SedapFoto: dok. detikFood
Aroma pedas dari tumisan cumi begitu terasa, ketika dicicip, sensasi pedas langsung nampol pada gigitan pertama. Gurihnya cumi, dan paduan tumisan cabe rawit justru terasa yang enak dan bikin nagih.

Selain rasa pedas, ada jejak gurih dari irisan bawang putih yang ikut ke dalam tumisan. Apalagi porsi cumi goreng yang diberikan cukup banyak, sehingga cocok disantap ketika sedang lapar.
Kembang Lawang: Di Sini Ada Nasi Goreng dan Bistik dengan Sentuhan Baru yang SedapFoto: dok. detikFood
Sesuai dengan namanya Kembang Lawang atau pekak, salah satu bumbu Asia, sajian di sini lumayan sedap. Meski menunya sederhana seperti masakan rumahan, tapi dengan sentuhan resto, menu-menu ini punya rasa yang baru.

Selain tiga menu di atas, ada pula menu andalan lainnya seperti Bebek Bakar, Sop Tulang Sum-sum, Nasi Gulai Daging, hingga Nasi Sayur Asem.

Baca Juga: PAUSE: Chicken Steak Sambal Matah dan Nasi Bakar Pedas Mantap di Sini!




Kembang Lawang
Pejaten Village Mall, Lt. 2.
Jl. Warung Jati Barat No.39, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 78834826

(sob/odi)