Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam Besek

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 06 Apr 2018 18:30 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Ingin makan masakan tradisional dalam besek? Yang satu ini perlu Anda coba. Lauknya lidah sapi hingga cumi hitam plus sambal!

Sajian teadisional selalu bikin kangen. Apalagi jika dipadu sambal dan lalapan segar. Salah satunya olahan lidah sapi. Direbus hingga empuk lalu disiram sambal. Sedap!

Seperti sajian lidah cabe hijau punya Hoo Hah Box. Konon olahan lidah sapi milik Hoo Hah Box punya rasa yang lezat. Karena penasaran, kami memesan beberapa menu lewat layan antar online.

Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam BesekFoto: detikFood

Yang menarik justru kemasan yang dipakai. Meski namanya Box tetapi tidak memakai kemasan karton atau plastik. Besek atau kotak anyaman bambu tradisional Jawa yang berbentuk segi empat yang jadi kemasannya. Ini mengingatkan kemasan makanan di kampung yang ramah lingkungan.

Kami memesan empat menu yaitu Lidah Cabe Hijau, Cumi Hitam Pedas, Ayam Kecombrang, dan Ikan Goreng Dabu Dabu. Semua menu dibanderol sebesar Rp 35.000. Dikemas rapi dalam besek kemudian diikat dengan lembaran kertas.

Tiap box berisi nasi pulen lembut, kentang goreng mustofa, acar lobak, selada, dan tiga macam saus. Saus mayo, saus cabe hitam pedas, dan sambal terasi. Hanya lauknya saja yang berbeda.

Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam BesekLidah Cabe Hijau. Foto: detikFood

Pertama kami mencoba Lidah Cabe Hijau yang konon jadi andalan Hoo Hah Box. Lidahnya dipotong dadu dengan siraman sambal cabe hijau. Nasi dan lauknya memenuhi bungkus bambu, membuat kami tak sabar untuk melahapnya.

Saat digigit, terkstur lidah yang lembut berpadu dengan sambal cabe hijau yang gurih namun tidak terlalu manis. Makin enak dipadu dengan acar lobak berwarna pink yang asam. Lalu dimakan dengan nasi pulen lembut yang hangat. Mantap!

Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam BesekCumi Hitam Pedas. Foto: detikFood

Menu kedua yang tak kalah enak adalah Cumi Hitam Pedas. Umumnya cumi ini bertekstur agak alot dan keras kalau tidak dimasak lama, Tapi cumi milik Hoo Hah Box sangat lembut namun agak sedikit amis mungkin karena tintnya. Bumbunya hitamnya tidak terlalu pedas tetapi gurih dan kental.

Pecinta sambal kecombrang, sebaiknya coba menu yang satu ini, Ayam Kecombrang. Sambal kecombrangnya sangat menggoda. Bukan menggunakan ayam utuh, tapi dada ayam goreng yang disuwir. Sehingga mudah dilahap. Sambal kecombrangnya tidak terlalu pedas namun tetap segar. Kriuk renyah kentang mustofa dipadu dengan ayam sambal kecombrang menghasilkan rasa gurih, segar, dan sedikit pedas.

Hoo Hah Box: Sedap Mantap! Lidah Sapi Cabe Hijau dan Cumi Hitam Dalam BesekIkan dori fillet dan ayam kecombrang. Foto: detikFood

Ternyata begini rasanya kalau ikan dori fillet dipadu dengan sambal dabu-dabu khas Manado. Asam pedas segar! Menu terakhir yang kami coba ini melengkapi citarasa pedas khas nusantara. Hanya saja bagi pecinta pedas, ketiga menu tadi masih kurang pedas menonjok.

O,ya setelah selesai makan sebaiknya besek jangan dibuang. Bisa dipakai untuk wadah bumbu atau camilan dan makanan lain. Karena dari bambu bisa dipakai ulang.

Kalau ingin mencicip menu yang ada di Hoo Hah Box, Anda hanya bisa memesannya via layanan Go Food.

Hoo Hah Box

Jl. Kemang Raya No. 81
Jakarta Selatan
Telp: 021-7193954
Jam Buka: 10:00 - 15:00 (lus/odi)