Sleepless Owls: Sedapnya Rice Bowl Sapi Krengsengan dan Nasi Goreng Betutu

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 09 Agu 2018 11:55 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kalau rindu dengan empuknya sapi krengsengan, dan gurihnya ayam betutu, mampirlah ke sini. Di sini bisa coba menu makanan khas Indonesia, dengan gaya sajian yang kekinian.

Di daerah Tebet, Jakarta Selatan, ada tempat nongkrong baru yang luas dan nyaman, namanya Sleepless Owls. Interiornya yang kekinian, dengan mengusung konsep burung hantu, membuat kami tertarik mengunjunginya.
Sleepless Owls: Sedapnya Rice Bowl Sapi Krengsengan dan Nasi Goreng BetutuFoto: dok. detikFood
Meski mengusung konsep tempat nongkrong, ternyata Sleepless Owls punya menu makanan khas Indonesia yang beragam. Akhirnya kami memilih Rice Bowl Ayam Geprek Korea (Rp. 28.000,-), Rice Bowl Sapi Krengsengan (Rp. 28.000,), dan Nasi Goreng Betutu (Rp. 30.000,-).

Baca Juga: Segoan: Sedapnya Nasi Rames Berlauk Krengsengan Lidah Sapi dan Labu Santan

Rice Bowl Krengsengan khas Jawa Timur, menu ini disajikan cukup sederhana. Hanya irisan tumisan daging sapi krengsengan, mentimun, dan tomat. Namun, ketika kami coba, tekstur daging cukup empuk, dengan rasa manis pedas dari bumbu halus krengsengan yang dominan rasa kemiri, cabai merah, dan jahe.
Sleepless Owls: Sedapnya Rice Bowl Sapi Krengsengan dan Nasi Goreng BetutuFoto: dok. detikFood
Krengsengan gaya Jawa Timur di sini, disajikan tanpa kuah kental. Meski begitu rasa gurih tetap terasa karena terdapat irisan bawang putih dan cabai rawit merah pedas. Krengsengan semakin enak, setelah dipadukan dengan nasi hangat dan tomat segar.

Sementara bumbu betutu khas Bali juga tampil menarik dalam Nasi Goreng Betutu. Nasi goreng disajikan di atas wajan kecil lengkap dengan acar, dan kerupuk. Di atas permukaan nasi goreng, terdapat suwiran ayam betutu dan taburan bawang goreng. Nasi goreng berwarna kuning cerah, dari campuran bumbu ayam betutu.
Sleepless Owls: Sedapnya Rice Bowl Sapi Krengsengan dan Nasi Goreng BetutuFoto: dok. detikFood
Rasanya gurih bumbu terjejak kuat. Mirip seperti menyantap ayam, betutu khas Bali, namun dengan paduan nasi. Rasa dari serai, bawang merah, dan jahe dari bumbu ayam betutu menghasilkan rasa yang gurih dan sedap untuk nasi goreng.

Yang menarik justru Rice Bowl Ayam Geprek Korea. Berbeda dengan ayam geprek pada umumnya. Ayam geprek Korea ini, terdiri dari chicken fillet yang dibalut tepung dan digoreng garing. Irisan ayam ini, lalu dibaluri dengan saus pedas gochujang khas Korea.

Ketika dipadukan dengan nasi putih, ayam geprek Korea ini punya rasa yang gurih, manis, dan sedikit pedas. Aroma dari gochujang juga tidak terlalu menyengat, karena telah dicampur dengan sedikit saus tomat. Cocok bagi yang ingin mencoba ayam geprek, dengan variasi baru.
Sleepless Owls: Sedapnya Rice Bowl Sapi Krengsengan dan Nasi Goreng BetutuFoto: dok. detikFood
Secara keseluruhan, Sleepless Owls punya menu makanan khas Indonesia yang enak. Selain menu di atas, resto ini juga punya menu lainnya seperti Ayam Bakar Sambal matah, aneka sate dan tongseng, hingga nasi goreng kambing.

Tempatnya yang nyaman, dan harganya yang cukup bersahabat bisa dijadikan tempat makan sekaligus nongkrong bersama teman-teman.

Baca Juga: Tanggal Tua Tetap Bisa Nongkrong Asyik di 4 Tempat yang Murah Ini



Sleepless Owls
Jl. Tebet Utara Dalam No.27.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telepon: (021) 22837396

(sob/odi)