detikfood

Kamis, 07/09/2017 17:01 WIB

Sushi Kekinian

Sambal Hingga Gudeg, Bisa Lho Jadi Paduan Sushi dengan Rasa Lokal!

Lusiana Mustinda - detikFood
Sambal Hingga Gudeg, Bisa Lho Jadi Paduan Sushi dengan Rasa Lokal! Foto: Istimewa
Cocok atau tidak, jika sushi dipadukan dengan masakan tradisional? Ternyata beberapa makanan Indonesia bisa juga dipadu jadi sushi enak. Apa saja ya?

Sushi sudah ada sejak zaman dulu di Jepang dan beberapa negara lain. Jika ditilik dari sejarahnya, pada tahun 2003, sushi fusion mulai masuk ke Indonesia dan dari situlah dimulai kreasi baru dari beberapa chef. Selain sushi roll dengan aneka topping, ternyata mulai bermunculan juga sushi dengan perpaduan rasa lokal yang kian digemari.

Sambal Hingga Gudeg, Bisa Lho Jadi Paduan Sushi dengan Rasa Lokal!Foto: Istimewa


Baca juga: Suntiang: Saat Rendang Daging Berkolaborasi Dalam Gulungan Sushi

Suka dengan rendang? Rendang jadi salah satu makanan Indonesia asal Sumatera Barat yang sangat populer dan disebut-sebut sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN. Berkat kepopulerannya, rendang dengan paduan bumbu berempah gurih ini bisa jadi campuran sushi.

Sushi gulung terbuat dari nasi dengan lembaran nori yang dicampur dengan kyuri dan suwiran daging rendang serta diberi bumbu rendang dan taburan wijen.

Selain rendang, sebenarnya sushi juga bisa dipadu dengan beberapa jenis makanan lainnya. "Sambal dan gudeg bisa jadi pilihan paduan sushi. Kalau ingin mendapatkan rasa sushi yang agak manis, bisa ditambahkan dengan gudeg untuk rasa lokalnya," jelas Chef Itoph kepada detikFood (07/09).

Sambal Hingga Gudeg, Bisa Lho Jadi Paduan Sushi dengan Rasa Lokal!Foto: Istimewa


Akan tetapi, Chef Itoph menyarankan agar tidak menambahkan terlalu banyak bahan makanan lokal. "Cukup di topping saja sedikit, agar rasanya tak terlalu mendominasi sehingga rasa asli khas sushinya tidak hilang," jelas Chef Itoph, Corporate Executive Chef.

Baca juga: Dari Ikan Mentah, Kini Sushi Diberi Topping Keju Hingga Kremesan
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan