4 Sei Sapi Sambal Matah yang Populer di Depok, Mana Paling Empuk Berbumbu?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 12:00 WIB
4 Sei Sapi Sambal Matah yang Populer di Depok, Mana Paling Empuk Berbumbu? Foto: detikfood
Depok -

Sei sapi dengan paduan sambal matah kini sangat populer. Dari 4 gerai sei di Depok, mana yang punya sei sapi sambal matah paling empuk dan berbumbu?

Sei sapi belakangan jadi tren kuliner di berbagai kota Indonesia. Aslinya hidangan sei berasal dari kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Dikutip dari situs resmi Kemdikbud (4/8), kata 'sei' dalam bahasa Rote berarti 'daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang'. Daging lalu diasapi dengan bara api sampai matang.

Proses inilah yang kemudian membedakan sei dari daging bakar/panggang lainnya. Asap menjadi kunci untuk mematangkan daging sehingga lembaran daging ini begitu aromatik saat matang.

Di NTT, sei umumnya memakai daging babi atau rusa, namun hidangan ini mengalami asimilasi. Masyarakat pendatang di NTT dan di luar NTT mengganti babi dengan sapi agar halal dan bisa dikonsumsi Muslim.

Sei sapi umumnya disajikan dengan sambal luat dan sayuran pendamping bernama rumpu rampe. Selain itu, sei sapi juga banyak dipadukan dengan sambal matah.

detikfood pun tertarik mencicipi sei sapi sambal matah yang kini banyak ditawarkan gerai sei. Di Depok, contohnya, ada 4 gerai yang menawarkan paket nasi plus sei sapi sambal matah seharga Rp 33-39 ribuan.

Seperti ini tampilan sei sapi sambal matah di masing-masing gerai, berikut cita rasanya:

1. Sei Sapi Kana

4 Sei Sapi Sambal Matah yang Populer di Depok, Mana Paling Empuk Berbumbu?4 Sei Sapi Sambal Matah yang Populer di Depok, Mana Paling Empuk Berbumbu? Foto: detikfood

Sei Sapi Kana bisa dibilang gerai sei sapi paling populer di Indonesia. Cabangnya tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Kalimantan.

Sebenarnya Sei Sapi Kana tidak menawarkan paket nasi plus sei sapi sambal matah. Kami memesannya secara terpisah yaitu Sei Sapi Small (Rp 28 ribu) dan Nasi Daun Jeruk (Rp 8 ribu). Totalnya sekitar Rp 36 ribu.

Sei Sapi Kana dilengkapi tumisan daun pepaya dan kuah kaldu. Lembaran dagingnya tidak terlalu kering dengan komposisi daging dan lemak yang cukup seimbang.

Aroma asap (smoky) pada sei sapi ini juga tercium harum. Saat dimakan, dagingnya terasa empuk dan lembut. Kemudian ada sensasi gurih juicy dari lemak daging yang seolah pecah di mulut!

Paduan sambal matahnya juga royal dengan pedas agak kuat. Kami menyukai sambal matah di sini karena dibuat dari potongan bawang dan cabai segar. Daun jeruknya juga banyak sehingga semakin wangi dan aromatik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sei Sapi Sambal Dabu-dabu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com