ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-29: Ada Ayam Rica dan Bakwan Jagung Renyah Buat Buka

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 07:30 WIB
Bakwan jagung, corn fritters
Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Pedas nagih ayam rica-rica dapat membuat semangat makan sahur. Buka puasanya jangan lupa sajikan bakwan jagung yang renyah dan tumis ikan peda gurih bikin nagih!

Daging ayam bisa diolah dengan berbagai bumbu lezat. Salah satunya hidangan khas Manado yang terkenal dengan nama ayam rica-rica. Menggunakan racikan bumbu pedas khas Manado, daging ayam seolah menjadi lebih istimewa dengan sentuhan rempah dan cabai yang pedasnya nendang.

Setelah mendengar adzan magrib, paling enak berbuka puasa dengan hidangan yang gurih. Seperti bakwan jagung super renyah yang bisa dicocol dengan bumbu kacang maupun dinikmati dengan cabai rawit yang segar. Bahan-bahannya yang mudah didapat dan memasaknya yang
singkat cocok untuk disajikan sebagai takjil agar tidak terburu-buru.

Makan malamnya ditutup dengan hidangan bersama tumis ikan peda yang sedap nikmat. Rasa asin dari ikan peda yang berpadu dengan jagung dan irisan bawang juga cabai seolah memiliki kelezatannya sendiri yang tidak bisa terkalahkan. Masakan khas rumahan ini selalu menjadi favorit.

Berikut ini ide menu harian di hari terakhir Ramadan agar semangat berpuasa:

Ayam Rica-Rica, the popular and traditional dish from Manado, chicken braised in spicy red chili paste. Two drumsticks are arranged on a small ceramic plate that has been lined with a banana leaf. Two lime halves and a lime leaf are used to garnish the dish. The plate is placed on a woven bamboo place mat. Some of the herbs and spices are also placed on the place mat.Pedas nagih ayam rica-rica bisa bikin semangat makan sahur. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

1. Ayam rica-rica

Walaupun datang dari suatu daerah yang cukup jauh, semua hidangan lezat khas Nusantara tidak akan pernah gagal memanjakan selera. Seperti ayam rica-rica, masakan khas Manado yang begitu populer dan bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Racikan bumbunya yang pedas nendang membuat banyak orang tidak bisa berhenti tersihir oleh kelezatannya yang paling nikmat. Jika ingin aroma ayam rica-rica yang lebih wangi segar kamu juga bisa menambahkan beberapa lembar daun kemangi.

Ayam rica-rica seolah menjadi makanan favorit yang tidak akan pernah gagal memanjakan lidah saat ingin meningkatkan nafsu makan. Ayam rica-rica juga bisa disajikan sebagai menu sahur yang resep lengkapnya bisa dilihat di sini.

2. Bakwan jagung

Bakwan jagung, corn frittersRenyahnya bakwan jagung paling enak jika disajikan saat berbuka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Bakwan merupakan gorengan tradisional yang terbuat dari campuran tepung dengan irisan dan potongan sayur-sayuran. Teksturnya yang renyah serta rasanya yang gurih istimewa seolah tidak bisa dilepaskan dari daftar menu wajib yang harus hadir saat berbuka puasa.

Bakwan jagung juga bisa dinikmati dengan cocolan bumbu kacang atau cabai rawit segar jika ingin rasanya lebih pedas sempurna. Menyediakan bakwan jagung saat berbuka puasa dijamin akan membuat masakan takjilmu laris manis dilahap anggota keluarga di rumah.

Bakwan jagung juga bisa dikreasikan dengan menambahkan beberapa jenis sayuran lainnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan atau sekaligus menghabiskan sisa sayuran di dapur sebelum layu dan harus dibuang. Jika tertarik ingin membuat kreasi bakwan jagung yang renyah di rumah kamu bisa melihat pilihan resepnya di sini.

3. Tumis ikan peda

orak-arik peda petaiAgar lebih komplet, makan malamnya ditutup dengan ikan peda yang gurihnya bikin lahap makan. Foto: detikfood

Ikan asin menjadi ciri khas bahan makanan yang selalu berhasil untuk memancing nafsu makan sekalipun dalam kondisi yang malas makan. Rasa asinnya yang gurih dan khas membuat lidah siapapun yang mencobanya akan tersihir dengan rasanya yang bikin ketagihan.

Ikan asin peda biasanya diolah dengan cara ditumis dan ditambahkan bahan-bahan lain seperti jagung, irisan bawang dan cabai dan dimasak hingga rasanya berpadu dengan sempurna. Tumis ikan peda paling cocok jika disajikan saat waktu makan malam setelah menyantap hidangan takjil yang biasanya manis-manis.

Menu makanan tradisional ini selalu menjadi kegemaran banyak masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Jika tak tahu cara membuatnya, bahan-bahan dan resep lengkapnya sudah tertera di sini.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT