ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadan ke-11: Gurih Nikmat Sup Bola Ikan dan Es Cendol yang Menyegarkan!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 13 Apr 2022 08:00 WIB
Es cendol enak di Jakarta
Foto: Instagram
Jakarta -

Saat sahur menikmati sup bola ikan yang gurih hangat akan membantu menghangatkan tubuh. Selanjutnya, ketika azan maghrib paling enak membatalkan puasa dengan es cendol dan makan malam dengan ayam bakar.

Kenyal gurih bola-bola ikan paling enak jika disajikan saat sahur. Mata yang masih mengantuk akan disegarkan dengan nikmatnya kuah gurih sup bola ikan. Bola-bola ikannya bahkan juga bisa disimpan untuk waktu makan berikutnya sehingga tidak repot untuk menyiapkan makanan kembali.

Setelah berpuasa seharian penuh, waktunya menyiapkan minuman segar untuk berbuka puasa. Es cendol yang lezatnya tersohor ini bisa menjadi salah satu ide takjil. Manisnya gula merah ditambah santan dan es batu membuat tenggorokan akan segar dalam waktu singkat.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-10: Daging Paprika yang Bikin Semangat Makan hingga Segarnya Puding Mangga

Berikut ini ide kreasi menu Ramadan untuk disantap bersama keluarga di rumah:

sup bola ikan seafoodGurih hangat sup bola ikan, nikmat untuk disantap saat sahur. Foto: Ari Saputra/detikcom

1. Sup bola ikan

Makanan berkuah yang gurih hangat paling enak untuk membasuh tenggorokan setelah bangun untuk sahur. Hangatnya kuah dengan rasa kaldu ikan cocok untuk membangkitkan selera makan walaupun mata masih mengantuk.

Agar tidak repot dengan duri yang tersembunyi pada daging ikan, kamu bisa mengolahnya menjadi bola-bola yang kenyal lezat. Hidangan sup bola ikan ini cocok untuk kamu yang pecinta makanan laut atau seafood.

Untuk menambah nutrisinya bisa juga memasukkan potongan jamur kuping dan irisan wortel. Bola-bola ikan juga bisa dibuat dalam jumlah banyak sehingga menjadi persediaan makanan di kulkas. Jika ingin meniru resepnya kamu bisa melihatnya di sini.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bisa Merusak Kualitas Sperma, Bapak-bapak Wajib Tahu!

2. Es cendol

Es cendol enak di JakartaManis dingin cendol cocok untuk menyegarkan tenggorokan saat berbuka puasa. Foto: Instagram

Bukan hanya bubur yang manis, banyak sekali pilihan makanan dan minuman tradisional menyegarkan yang bisa disajikan menu buka puasa. Salah satunya es cendol yang punya banyak penggemar.

Es cendol bisa dikreasikan sesuai dengan selera penikmatnya. Misalnya dengan menambahkan potongan nangka atau bahkan menambahkan daging durian di bagian atasnya agar semakin legit.

Cendolnya yang hijau juga bisa dibuat sendiri di rumah agar terjamin kebersihan dan kualitas bahan-bahannya. Mencoba membuatnya di rumah juga mungkin saja untuk dilakukan. Resep di sini bisa menjadi acuan untuk membantu membuatnya.

3. Ayam bakar madu

Resep Ayam Bakar Kecap MaduGurihnya rempah berpadu dengan kecap dan madu membuat ayam bakar terasa spesial. Foto: iStock

Sebagai bahan protein yang paling mudah diolah, daging ayam bisa dikreasikan dengan berbagai bumbu sesuai selera dan kebutuhan. Salah satunya adalah ayam bakar yang gurih legit ini.

Olahan racikan bumbu berempah dengan tambahan madu membuat cita rasa gurih dan manis bercampur menjadi satu dan sempurna lezatnya. Ditambah aroma bakaran yang membuat proses karamelisasi akan menambah rasa yang khas pada ayam bakar madu.

Ayam bakar madu bisa menjadi ide alternatif jika ingin sesuatu yang lezat untuk makan malam. Cara membuatnya pun cukup mudah untuk dipraktikkan di rumah. Bumbu dan cara membuatnya yang lengkap bisa dilihat di sini.

Baca juga: Hati-hati! 7 Kebohongan pada Label Makanan Ini Bisa Bikin Pembeli Terkecoh



Simak Video "Resep Cendol Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT