Menu Harian Ramadhan ke-9: Berbuka Puasa dan Sahur dengan Hidangan Tempe Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 10:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Murah dan enak, resep tempe bisa jadi menu buka puasa dan sahur hari ini. Tempe dipadu dengan teri gurih enak jadi pelengkap makan nasi. Tertarik mencoba?

Meskipun harganya murah, akan tetapi tempe mengandung gizi yang tinggi. Protein dan serat ada dalam tempe. Supaya lebih enak dimakan, tempe bisa dimasak dengan tambahan ikan teri. Selain itu, untuk kudapan berbuka puasa, bisa pilih bakwan tempe dengan sensasi rasa pedas.

Wah dijamin mantap! Jika ingin membuatnya di rumah, Anda bisa lihat beberapa resepnya di sini ya.

1. Hidangan sahur

Menu Harian Ramadhan ke-9: Berbuka Puasa dan Sahur dengan Hidangan Tempe EnakFoto: iStock

Kering tempe bisa jadi pilihan menu sahur yang cocok walau hanya disantap dengan nasi. Bahkan, kering tempe ini bisa dijadikan sebagai stok keesokan harinya. Makanan sederhana ini cukup dibuat dengan beberapa bahan yaitu tempe dan aneka bumbu.

Teksturnya renyah dengan sensasi rasa manis dan pedas. Kering tempe yang ditaruh dalam wadah kering dan kedap udara bisa bertahan sampai seminggu. Mau buat di rumah? Lihat saja resep lengkapnya di sini.

2. Camilan

Menu Harian Ramadhan ke-9: Berbuka Puasa dan Sahur dengan Hidangan Tempe EnakFoto: detikfood

Selain bakwan sayuran, bisa juga menyajikan tempe sebagai campuran bakwan. Tempe yang dipotong kecil-kecil dicampur dengan irisan kol, wortel dan cabai rawit. Diaduk menjadi satu dalam adonan tepung terigu dan tepung beras dengan sedikit bumbu supaya rasanya gurih.

Goreng sampai kecokelatan sehingga teksturnya renyah. Nyam! Bakwan tempe ini pasti rasanya gurih dan renyah enak. Lihat resep dan cara pembuatan lengkapnya di sini.

3. Hidangan Utama

Menu Harian Ramadhan ke-9: Berbuka Puasa dan Sahur dengan Hidangan Tempe EnakFoto: Dok. detikFood

Lauk yang praktis dengan sensasi rasa pedas dan gurih memang dapat meningkatkan nafsu makan. Perpaduan tempe, teri tawar dan cabai hijau memang berjodoh dengan nasi putih yang hangat. Cara membuatnya juga tak sulit, Anda bisa lihat resepnya di sini. (lus/odi)