Menu Harian Ramadhan ke-2: Nasi Goreng Kampung dan Bakwan Renyah

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 10:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Suka dengan nasi goreng? Kali ini Anda bisa membuat nasi goreng dengan sentuhan lokal di rumah. Ada nasi goreng kampung hingga nasi goreng kencur.

Buka puasa makin enak kalau makan gorengan hangat dengan paduan sayuran. Nyam! Makin enak dipadu bersama dengan cabai rawit yang pedas.

Setelah tarawih, bisa langsung menyantap sajian nasi goreng kampung. Dan sahur pun bisa masak nasi goreng kencur yang mudah dibuat. Kalau tertarik memasak sendiri, yuk intip resep dan cara pembuatannya.

1. Hidangan sahur

Menu Harian Ramadhan ke-2: Nasi Goreng Kampung dan Bakwan RenyahFoto: detikfood

Nasi goreng kencur dengan tambahan cabai rawit ini ternyata enak. Nasi yang diberi tambahan kencur dan cabe hijau. Rasanya pedas hangat apalagi makin enak ditambah dengan campuran telur dan sosis.

Supaya enak, pilihlah kencur tua dan keras sehingga rasanya pedas dan aromanya lebih wangi. Supaya agak berbeda dan aromanya mantap, bisa juga ditambahkan dengan terasi goreng, cabe hijau dan merica.

Mau bikin nasi goreng kencur? Klik saja resep lengkapnya di sini. Resep Nasi : Nasi Goreng Kencur Cabe Hijau

2. Camilan

Menu Harian Ramadhan ke-2: Nasi Goreng Kampung dan Bakwan RenyahFoto: detikfood

Bakwan sayuran ini mudah dibuat di rumah. Supaya renyah, ada beberapa trik saat membuatnya. Bakwan dibuat dengan tauge, kol, wortel dan irisan bawang merah. Dipadu dengan bumbu berupa bawang halus, kaldu bubuk, garam dan merica.

Teksturnya renyah, enak disantap hangat-hangat dengan tambahan saus bumbu kacang dan cabai rawit. Lihat resepnya di sini.

3. Hidangan utama

Menu Harian Ramadhan ke-2: Nasi Goreng Kampung dan Bakwan RenyahFoto: iStock

Terasi udang yang wangi enak jadi campuran nasi goreng ini. Rasanya pedas, dan isiannya dicampur dengan daging ayam goreng suwir serta telur ayam. Tambah dengan sedikit kecap manis dan sajikan dengan pelengkap berupa kerupuk kanji serta acar mentimun.

Tertarik membuatnya sebagai menu berbuka puasa? Langsung saja lihat resepnya di sini.


Menu Harian Ramadhan ke-2: Nasi Goreng Kampung dan Bakwan Renyah
(lus/odi)