10 Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 09 Jan 2018 13:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tidur yang nyenyak bisa membantu optimalkan pertumbuhan tubuh hingga membangun sel otak. Beberapa makanan ini bisa bantu si kecil tidur dengan nyenyak!

Tak ada istirahat yang lebih baik dari tidur. Selain bisa optimalkan pertumbuhan, tidur juga bisa meremajakan kulit, tingkatkan struktur sel otak untuk berkomunikasi dan beberapa manfaat lainnya. Tidur juga jadi salah satu yang penting, terutama untuk si kecil.

Seorang anak yang memiliki tidur yang cukup memiliki risiko diabetes dan obesitas yang lebih rendah. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi si kecil untuk tidur lebih nyenyak di siang ataupun malam hari yang dikutip dalam NDTV (07/01)

Baca juga: Agar Tidur Nyenyak, Hindari Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Tidur

1. Susu

Segelas susu biasanya sering kali diberikan pada anak-anak sebelum tidur. Kebiasaan ini ternyata memiliki tujuan. Susu dapat membuat tidur si kecil semakin nyenyak karena mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan yang dapat membantu tidur Anda. Kalsium yang ada dalam susu juga bisa menghasilkan lebih banyak triptofan. Ketika susu diberikan saat hangat, suhu tubuh naik dan membuat si kecil mulai merasa mengantuk.

10 Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak (1)Foto: iStock

2. Pisang

Pisang bisa jadi salah satu buah atau diolah menjadi camilan setelah makan malam. Buah ini mengandung magnesium yang bertindak sebagai relaksasi otot sehingga tubuh lebih rileks. Mereka juga mengandung hormon penginduksi tidur, melatonin dan serotonin yang dapat bantu mengatur siklus tidur.

3. Salmon

Salmon jadi salah satu makanan laut yang dapat menginduksi tidur. Sebagian besar salmon yang dikonsumsi saat makan malam dapat merangsang produksi melatonin dan serotonin.

10 Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak (1)Foto: iStock

4. Oatmeal

Oatmeal diketahui dapat menjaga kesehatan jantung. Oat juga mengandung vitamin dan mineral yang memberi dorongan pada sistem saraf. Oatmeal ini memiliki konsentrasi tinggi dari hormon melatonin yang membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak. Oat juga tinggi akan karbohidrat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

5. Bayam

Bayam sayuran hijau yang bisa ditambahkan untuk makanan si kecil. Tak hanya mengandung vitamin dan mineral, bayam juga mengandung asam amino triptofan yang tinggi. Tak hanya bisa dibuat untuk campuran omelet, bayam juga bisa dicampur ke dalam jus buah lain dan dinikmati sebelum tidur.

Baca juga: Sulit Tidur Nyenyak? Coba Konsumsi 3 Makanan Saran Ahli Gizi Ini (lus/lus)