Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 27 Nov 2017 15:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bayam kaya akan manfaat. Akan tetapi rasanya yang kurang enak, membuat banyak anak-anak menolak. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengolahnya dengan cara ini.

Sayur bayam menjadi salah satu sayuran hijau yang banyak dikonsumsi dan tinggi manfaat. Bayam mengandung vitamin A, C dan K serta mineral seperti magnesium, zat besi dan mangan. Selain itu, bayam juga mengandung tinggi serat yang dapat membantu lancarkan pencernaan.

Saat tubuhnya sedang berkembang pesat, si kecil tentu sangat membutuhkan makanan sehat. Agar si kecil tetap mau menikmati sayur bayam, Anda bisa mengolahnya dengan beberapa cara ini.

Baca juga: Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapat Kalau Rutin Makan Bayam

1. Nasi goreng

Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!Foto: detikFood

Nasi goreng jadi makanan praktis yang sering jadi menu bekal sekolah anak. Agar lebih sehat, Anda bisa membuat nasi goreng dengan paduan sayur bayam. Kalau ingin membuat, Anda cukup siapkan beberapa bahan berupa nasi putih, daging ayam, daun bayam iris dan telur. Semuanya dipadu dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, merica bubuk, margarin, garam hingga kecap manis.

Seporsi nasi goreng ini memiliki gizi yang lengkap. Karena di dalamnya sudah ada karbohidrat, protein dan vitamin serta mineral dari sayur bayam. Jika ingin mencobanya di rumah, Anda bisa ikuti resep membuatnya di sini.

2. Sandwich

Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!Foto: Istimewa

Hampir semua sayuran dan juga lauk bisa Anda masukkan ke dalam sandwich. Kalau si kecil tebruru-buru dan tak sempat sarapan, Anda bisa membuat sandwich ini. Dua lembar roti yang diisi dengan telur dan bayam bisa jadi pilihan. Anda bisa menumis sedikit irisan bayam dengan cincangan bawang putih dan juga telur serta potongan daging ayam.

Roti diberi isian dan disajikan bersama dengan saus tomat atau saus sambal. Nyam! Dua lembar roti dengan telur dan bayam ini bisa jadi pengganti sarapan untuk anak-anak memulai harinya. Untuk resep sandwich, Anda bisa lihat di sini.

3. Omelet

Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!Foto: Istimewa

Si kecil suka dengan telur dadar? Anda bisa meraciknya menjadi omelet. Cukup siapkan satu butir telur, irisan bayam dan garam yang dikocok jadi satu hingga merata. Kemudian digoreng bersama dengan minyak hingga kecokelatan. Dengan cara ini, rasa dari bayamnya akan tertutupi dengan gurihnya telur. Enak disajikan dengan nasi hangat atau kentang goreng. Nyam!

Kalau mau membuat omelet dengan paduan sayuran, Anda bisa intip resepnya di sini.

4. Nugget

Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!Foto: iStock

Selain sosis, si kecil juga sangat menyukai nugget. Daripada membeli, Anda bisa membuat nugget dengan paduan ayam dan beberapa potong sayuran di rumah. Nugget yang diberi potongan bayam ini bisa jadi alternatif pemberian bayam. Karena dicampurkan ke dalamnya, anak-anak tak tahu isi dari nugget tersebut. Selain bayam, Anda juga bisa menggantinya dengan wortel atau sayuran lain.

5. Mie kuah

Si Kecil Tak Suka Bayam? Olah Saja Menjadi 5 Makanan Enak Ini!Foto: detikFood

Jika bosan dengan nasi, Anda bisa memberikan si kecil mie kuah buatan sendiri. Mie telur yang dimasak dengan kaldu serta potongan daging dan bayam bisa jadi alternatif. Tertarik untuk membuatnya? Anda bisa lihat cara pembuatannya di sini.

Baca juga: Sering Berikan Bayam pada si Kecil Agar Ia Dapatkan 4 Khasiat Ini (lus/lus)