Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 16 Agu 2021 12:00 WIB
Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5 Foto: detikfood
Depok -

Nasi kebuli di Sawangan, Depok ini murah meriah, namun kualitasnya tak perlu diragukan! Nasi kebuli diracik oleh mantan chef hotel bintang 5 dengan harga mulai dari Rp 10 ribu saja.

Nasi kebuli identik sebagai hidangan mewah dan mahal, namun di Depok, ada nasi kebuli murah yang belakangan viral. Namanya Nasi Kebuli Robot yang berlokasi di Jalan Raya Pengasinan No. 29, Sawangan.

Nama Robot mengacu pada pemilik sekaligus pembuatnya, Albert Mardianto Robot. Sosoknya juga akrab disapa chef Robot karena sebelumnya ia bekerja sebagai chef di The Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place selama sekitar 14 tahun.

Nasi kebuli harga Rp 10 ribu

Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5 Foto: detikfood

Kepada detikfood (15/8), chef Robot menjelaskan nasi kebulinya sengaja dijajakan di pinggir jalan karena ia ingin menghadirkan konsep 'street food' sebenarnya. Gerai sederhana ini selalu ramai pengunjung, terlebih usai mendapat ulasan positif dari YouTuber Anak Kuliner.

Daya tariknya terdapat pada harga nasi kebuli yang sangat terjangkau, yaitu Rp 10 ribu saja. Nasi kebuli ini dilengkapi dengan telur mata sapi dan sambal.

Selain itu, ada juga menu nasi kebuli dengan dua topping lain. "Ada nasi kebuli ayam dan nasi kebuli sapi. Kalau mau request, bisa dibikin combo. Ada combo ayam, combo sapi, dan combo komplet. Jadi kita mix semuanya," kata chef Robot.

Untuk harga, nasi kebuli ayam dibanderol Rp 15 ribu sedangkan nasi kebuli sapi Rp 20 ribu. Meski harganya murah meriah, chef Robot mengaku tidak mau mengorbankan kualitas hidangan ini.

Pakai beras basmati impor dan daging meltique

Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5 Foto: detikfood

Chef Robot mengatakan dirinya menggunakan beberapa bahan impor untuk menghadirkan keautentikan cita rasa nasi kebuli. "Kita basicnya pakai berasnya impor, basmati. Kita juga pakai kapulaga hijau, cengkeh, dan kita ada saffron essence. Tiga komponen ini kita impor semua," tuturnya.

Lalu yang menarik, chef Robot menggunakan daging sapi meltique yang kerap jadi menu di restoran-restoran BBQ Korea. Menurutnya tekstur daging ini cepat empuk sehingga tidak perlu dimasak lama.

Semua komponen menu nasi kebuli dibuat dalam waktu relatif singkat, sekitar 20-30 menit saja. Untuk nasi kebuli, chef Robot meraciknya di rice cooker.

Chef Robot menuturkan, "Kita masak seperti nasi biasa. Kita kasih garam, penyedap sedikit, green cardamom, kapulaga. Kita masukkan semua. Dan pake oil. Terakhir, pas sudah kira-kira matang 75% nasinya, kita masukin pakai saffron essence."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cita Rasa Nasi Kebuli Rp 10 Ribuan Ala Street Food"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com