Awas Sulit Tidur! Kenali 5 Makanan yang Bisa Picu Mimpi Buruk

ADVERTISEMENT

Awas Sulit Tidur! Kenali 5 Makanan yang Bisa Picu Mimpi Buruk

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 19:30 WIB
Awas Sulit Tidur! Kenali 5 Makanan yang Bisa Picu Mimpi Buruk
Foto: Getty Images
Jakarta -

Konsumsi beberapa jenis makanan rupanya bisa mempengaruhi emosi seseorang hingga menyebabkan mimpi buruk. Untuk itu, sebelum tidur lebih baik hindari konsumsi 5 makanan ini.

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, memang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Meskipun makanan yang sering dikonsumsi punya rasa lezat, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka bisa berpengaruh dalam hal baik hingga hal buruk sekalipun.

Jika pengaruhnya baik, tentu ini akan menguntungkan. Lantas bagaimana jika makanan justru membawa pengaruh buruk?

Beberapa makanan tersebut juga tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik, namun bisa juga mempengaruhi kesejahteraan mental bahkan emosional seseorang. Bahkan ada makanan yang bisa menyebabkan kegelisahan hingga mimpi buruk.

Mimpi seseorang bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Untuk itu, ada sejumlah makanan yang lebih baik dihindari pada malam hari. Merangkum beberapa sumber, berikut 5 daftar makanannya.

1. Makanan Pedas

Doyan Pedas? Ini 6 Tipe Kepribadian Pencinta Makanan PedasSetelah makan peds biasanya bisa menyebabkan lonjakan suhu tubuh yang akan menganggu aktivitas otak hingga mimpi buruk. Foto: Getty Images

Jika menginginkan makanan pedas di malam hari, lebih baik tahan nafsu itu. Makanan pedas sering dikaitkan dengan mimpi buruk karena makanan tersebut butuh waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh.

Kelebihan konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan lonjakan suhu tubuh yang selanjutnya mengganggu aktivitas otak hingga mengubah pembentukan mimpi ketika seseorang telah mencapai tahap tidur REM (Rapid Eye Motion) dan mengakibatkan mimpi buruk.

Jika memang masih ingin konsumsi makanan pedas, sebaiknya diberi jeda waktu yang panjang. Contohnya enam jam sebelum tidur.

2. Makanan Manis

Mengonsumsi makanan manis punya manfaat menstabilkan suasana hati. Terlepas dari manfaat ini, makanan manis juga punya dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyebabkan mimpi buruk.

Makanan tinggi gula seperti biskuit, kue, dan cokelat sering dikaitkan dengan mimpi buruk. Seperti sebuah studi yang diterbitkan di Frontiers in Psychology yang menguji 396 siswa untuk melihat apakah ada korelasi antara pola makan dan mimpi.

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa 31% subjek melaporkan mimpi yang aneh dan mengganggu ketika siswa tersebut makan kue atau makanan manis.

Cokelat juga seringkali dinikmati sebagai camilan. Tetapi makanan ini tidak baik jika dikonsumsi sebelum tidur karena di dalamnya terdapat kandungan kafein yang terbukti menurunkan kemampuan tidur lelap hingga bisa menimbulkan kegelisahan dan mimpi buruk.



Simak Video "Tengkleng Jagoan Jokowi di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT