Kekenyangan? Coba Lakukan 5 Hal Ini Usai Makan Banyak

ADVERTISEMENT

Kekenyangan? Coba Lakukan 5 Hal Ini Usai Makan Banyak

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 15:00 WIB
Ilustrasi Sakit Perut
Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong
Jakarta -

Setelah mengonsumsi makanan berlebihan, seringkali perut tidak nyaman hingga merasa kembung. Efek ini bisa diatasi dengan melakukan 5 cara sehat ini.

Ketika seseorang merasa terlalu lapar, terkadang mereka akan makan berlebih. Mungkin hal ini bisa mengenyangkan, namun akan timbul efek setelahnya mulai dari perut sakit hingga kembung. Tentunya kondisi ini membuat tidak nyaman.

Alih-alih mengonsumsi obat untuk meredakan kegelisahan tersebut, lebih baik melakukan beberapa cara sehat yang bisa mengatasi efek setelah makan berlebihan ini.

Merangkum Times of India (25/11), berikut 5 cara sehat yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh membaik setelah makan banyak.

1. Minum Lebih Banyak Cairan

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli GiziMinum cairan setelah makan bisa memulihkan serta mengurangi rasa tak nyaman. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Konsumsi makanan berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika makan makanan cepat saji, makanan kemasan, kentang goreng, yang tinggi akan natrium akan menyebabkan perut menjadi kembung dan memicu peradangan.

Menurut para ahli, minum cairan setelah makan berat bisa membantu memulihkan keseimbangan alami dan mengurangi rasa tidak nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah cairan pada tubuh.

Salah satunya dengan menambahkan bumbu dan rempah ke dalam minuman. Hal tersebut bisa membantu detoksifikasi dan mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Jalan-Jalan Setelah Makan Besar

Untuk menghindari perut kembung, setelah makan sebaiknya jalan-jalan sebentar terlebih dahulu. Dengan jalan, hal ini bisa memberikan kelegaan.

Salah satu ahli nutrisi mengungkap bahwa jalan kaki akan membantu menjernihkan pikiran. Jika berkeringat, seseorang bisa sekaligus mengeluarkan beberapa bahan kimia dan sedikit garam serta meningkatkan aliran darah ke otak.

Tak hanya meredakan rasa sakit perut setelah banyak makan, tapi jalan kaki juga sekaligus membantu dalam membakar kalori ekstra dan mengimbangi beberapa kalori ekstra yang sebelumnya dikonsumsi.



Simak Video "Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT