5 Khasiat Teh Daun Kelor, Sehatkan Jantung hingga Bikin Tidur Nyenyak

ADVERTISEMENT

5 Khasiat Teh Daun Kelor, Sehatkan Jantung hingga Bikin Tidur Nyenyak

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 06:00 WIB
5 Khasiat Teh Daun Kelor, Sehatkan Jantung hingga Bikin Tidur Nyenyak
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ninetechno
Jakarta -

Teh daun kelor yang sering dianggap mistis ternyata punya banyak manfaat. Jika dikonsumsi sebagai teh, daun kelor dapat menyehatkan jantung dan bantu tidur lelap.

Daun kelor menjadi salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Bagi masyarakat loka, daun kelor banyak dipercaya sebagai obat penangkal hal-hal mistis.

Faktanya daun kelor bisa disulap menjadi teh hangat yang berkhasiat dan menenangkan untuk tubuh. Caranya daun kelor cukup dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi bubuk kasar.

Setelah itu tuangkan 2 sendok teh bubuk daun kelor ke dalam cangkir dan seduh dengan air panas. Rutin mengonsumsi teh daun kelor ini disebutkan oleh ahli dapat memberikan khasiat yang luar biasa.

Baca juga: Duh! Gegara Kasir Salah Kode, Pelanggan Ini Bayar Timun Rp 15,7 Juta

Berikut ini 5 manfaat teh daun kelor menurut Food NDTV:

5 Khasiat Teh Daun Kelor, Sehatkan Jantung hingga Bikin Tidur NyenyakTeh daun kelor berpotensi untuk menekan kadar kolesterol buruk. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ninetechno

1. Menjaga kesehatan jantung

Daun kelor memiliki kandungan mineral yang sehat untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat berpotensi untuk menekan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh yang memberikan efek negatif terhadap kesehatan.

Jika kadar kolesterol berhasil ditekan dampaknya risiko gangguan penyakit jantung akan semakin rendah. Dr. Manoj Ahuja selaku dokter di Fortis Hospital mengatakan bahwa manfaat ini berasal dari kandungan zinc yang tinggi.

"Daun kelor merupakan sumber zinc yang sangat baik dan dapat mengendalikan kadar gula dalam darah, yang mana dapat membantu mengendalikan dan mencegah diabetes," kata Ahuja.

2. Sumber asupan antioksidan

Daun kelor berasal dari tanaman moringa oleifera. Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan herbal yang mengandung antioksidan sangat tinggi.

Menurut penelitian para ahli, daun kelor memang padat akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain antioksidannya, daun kelor juga mengandung quercetin dan asam klorogenat.

Konsumsi daun kelor dalam bentuk teh ataupun mencampurkan bubuknya dalam makanan dan minuman dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Efeknya tubuh akan lebih tahan terhadap serangan radikal bebas.

Baca juga: Nyesek! 10 Netizen Ini Dapat Makanan Zonk Saat Buka Kemasannya

Manfaat teh daun kelor lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT