Boleh Dicoba! 7 Pola Makan Ini Bantu Kempiskan Bengkak Tubuh

ADVERTISEMENT

Boleh Dicoba! 7 Pola Makan Ini Bantu Kempiskan Bengkak Tubuh

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 10:30 WIB
Boleh Dicoba! 7 Pola Makan Ini Bantu Kempiskan Bengkak Tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto/udra
Jakarta -

Penumpukan cairan pada tubuh dapat menyebabkan bengkak dan gangguan sirkulasi cairan. Ini pola makan yang direkomendasikan ahli kesehatan untuk mengempiskannya.

Walaupun air mineral baik untuk menjaga hidrasi tubuh tetapi jika tidak sesuai dengan porsinya dan ditambah faktor lain akan menimbulkan kondisi yang dikenal bernama retensi air. Retensi air ini juga ditimbulkan dari asupan garam yang terlalu banyak duduk atau berdiri dalam waktu lama hingga efek pengobatan yang memperparah kondisinya.

Retensi air atau edema gejalanya akan timbul bengkak di beberapa bagian tubuh tertentu misalnya seperti kaki, tangan dan bagian-bagian lainnya. Retensi air ini terjadi ketika ginjal dan sirkulasi cairan dalam tubuh tidak bekerja secara efektif.

Biasanya banyak orang yang tak sadar mengalami retensi air ini sebelum menemukan beberapa bagian tubuhnya tiba-tiba bengkak membesar. Jika kamu mengalaminya, coba terapkan pola makan yang disarankan oleh dokter ini.

Berikut ini 7 pola makan untuk mengempiskan bengkak menurut Doctor NDTV:

Boleh Dicoba! 7 Pola Makan Ini Bantu Kempiskan Bengkak TubuhKonsumsi garam terlalu banyak dapat mengikat cairan di dalam tubuh sulit dikeluarkan. Foto: Getty Images/iStockphoto/udra

1. Kurangi garam

Garam ditambahkan pada makanan untuk membuat rasanya semakin lezat. Tetapi jika mengonsumsi terlalu banyak garam dampaknya akan semakin banyak cairan berlebih yang terikat di dalam tubuh.

Mengurangi penambahan garam pada menu makanan dinilai oleh ahli gizi menjadi cara yang paling tepat untuk mengatasi retensi air atau edema. Nmami Agarwal sebagai ahli gizi selalu mengingatkan untuk mengendalikan kadar garam yang dikonsumsi sehari-hari.

2. Konsumsi pisang

Setelah mencegah pengikatan cairan dengan mengurangi garam, pembengkakan bisa diatasi dengan konsumsi potasium. Nmami Agarwal menyebutkan bahwa potasium merupakan mineral terbaik untuk membantu mengempiskan bengkak dan melancarkan sirkulasi cairan di dalam tubuh.

Beberapa buah-buahan tinggi potassium disarankan menjadi kudapan yang dikonsumsi saat sarapan. Buah-buahan seperti pisang, alpukat, bayam, jamur, kentang hingga ubi jalar menjadi menu yang paling direkomendasikan.

3. Minum air mineral

Edema juga bisa disebabkan oleh efek samping pengobatan dan konsumsi obat-obatan tertentu. Pada kondisi ini membersihkan tubuh dengan konsumsi air mineral menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan mengatasi retensi air.

"Minum air lebih banyak menjadi cara paling mudah dan paling bermanfaat untuk kesehatan guna mencegah kembung dan retensi air," kata Agarwal.

Pola makan untuk mengempiskan bengkak lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT