Gegara 5 Kebiasaan Makan Ini Kulit Jadi Kering dan Kusam

ADVERTISEMENT

Gegara 5 Kebiasaan Makan Ini Kulit Jadi Kering dan Kusam

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 06:00 WIB
Gegara 5 Kebiasaan Makan Ini Kulit Jadi Kering dan Kusam
Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena Kabenkina
Jakarta -

Kulit kering umumnya diikuti dengan kondisi kusam sehingga tampilan menjadi kurang menarik. Ternyata kebiasaan makan bisa jadi pemicu kulit kurang sehat.

Selain menjaga kesehatan kulit dengan berbagai produk perawatan kecantikan, menjalani pola diet dan kebiasaan makan yang tepat juga dibutuhkan. Jangan sampai kamu membuat kulitmu/ menjadi kering.

Kulit yang kering jika dibiarkan dapat menimbulkan rasa gatal hingga tampak menjadi lebih kusam. Ternyata kulit kering tidak hanya disebabkan oleh perawatan yang kurang baik atau pemilihan produk perawatan kulit yang salah.

Asupan makan dan minum menjadi salah satu faktor terbesar yang memengaruhi kesehatan tubuh termasuk kelembaban kulit. Ahli gizi mengungkapkan bahwa ada beberapa pola makan yang wajib dihindari jika tak ingin kulit menjadi kering.

Berikut ini 5 kesalahan makan dan minum yang membuat kulit kering menurut Eat this Not That:

Gegara 5 Kebiasaan Makan Ini Kulit Jadi Kering dan KusamKonsumsi air yang cukup penting untuk menjaga kelembaban kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena Kabenkina

1. Tidak minum cukup air

Kebutuhan hidrasi atau mencukupi minum air putih sangat berpengaruh pada kelembaban kulit. Ketika tubuh mengalami dehidrasi dampaknya kulit akan menjadi lebih kering dan kehilangan kelembabannya.

"Sangat penting untuk minum cukup air selama seharian penuh untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. minum air tidak hanya menjadi sel-sel tubuh berfungsi dengan optimal tetapi juga menjaga kulit terhidrasi," kata Sarah Allen selaku ahli dermatologi.

Sebanyak 60% bagian tubuh manusia mengandung air sehingga kebutuhan akan hidrasi tubuh harus sangat terjaga. Minimal minum air mineral 8 gelas per hari untuk dapat menjaga kebutuhan hidrasi bisa terus terpenuhi.

2. Kurang mengonsumsi ikan

Ikan salah satu sumber asupan makanan yang tinggi akan protein dan lemak sehat. Ahli gizi menyarankan setidaknya mengonsumsi 226 gram ikan dalam seminggu bagi orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang baik untuk menunjang kesehatan hampir semua organ tubuh. Minyak atau lemak pada ikan mengandung DHA dan asam lemak omega-3 EPA yang sangat menyehatkan.

Jika lemak biasanya dihindari karena dapat memicu berbagai efek negatif untuk tubuh tetapi lemak atau minyak ikan ini justru dianjurkan. Lemak atau minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kelembaban kulit hingga kesehatan mental.

Baca juga: Rugi! 5 Pelanggan Ini Terjebak Aksi Getok Harga Penjual yang Tak Jujur

Kesalahan pola makan lain yang membuat kulit kering ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT