Jangan di Medsos! Ini 7 Cara Komplain di Tempat Makan yang Baik

ADVERTISEMENT

Jangan di Medsos! Ini 7 Cara Komplain di Tempat Makan yang Baik

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 28 Nov 2022 05:00 WIB
Jangan di Medsos! Ini 7 Cara Komplain di Tempat Makan yang Baik
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Menerima makanan tak sesuai dengan keinginan membuat pelanggan akan melayangkan protes. Jangan langsung di media sosial, ini cara yang baik jika ingin protes di restoran.

Beberapa waktu lalu viral sekelompok netizen yang berbondong-bondong memprotes sebuah tempat makan. Baik dari segi pelayanan, rasa makanan atau beberapa hal lain yang disebutkan tidak memenuhi ekspektasi atau keinginan mereka.

Sayangnya ada sebagian orang yang memilih untuk protes melalui media sosial dan memviralkan tempat makan atau restoran tersebut. Nyatanya, untuk melayangkan protes ke restoran atau tempat makan ada etikanya sendiri.

Jika merasa tak puas dengan makanan atau pelayanan di restoran sebaiknya disampaikan langsung kepada para pekerja yang bertugas di sana. Beberapa tips protes dengan baik dan sopan di restoran ini bisa menjadi contohnya.

Baca juga: Cicip Nasi Padang Pertama Kali, Bule Ini Jatuh Cinta hingga Beri Nilai 9,5!

Berikut ini 7 etika protes di restoran menurut Eater:

Jangan di Medsos! Ini 7 Cara Komplain di Tempat Makan yang BaikPastikan untuk melihat situasi sekitar sebelum menyampaikan keluhan. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

1. Cari waktu yang tepat

Sebelum melakukan protes atau komplain, sebaiknya kenali dulu suasana restoran atau tempat makan melalui lalu lalang para pekerjanya. Selain itu pahami dahulu protes apa yang akan kamu sampaikan sehingga para pekerja dapat menerima pesannya dengan baik.

Misalnya steak yang kematangannya tidak sesuai dengan pesanan atau makanan yang dipesan terlalu pedas sehingga kamu tak bisa menikmatinya. Walaupun kamu sebagai tamu tetapi upayakan untuk tidak memberatkan para pekerja yang sibuk melayani tamu lain.

2. Lakukan dengan sopan

Protes atau komplain tidak perlu dilakukan dengan emosi yang memuncak atau berteriak-teriak. Jika ingin menyampaikan keluhan, kamu bisa mulai dengan mengangkat tangan untuk mendapatkan perhatian salah satu pekerja yang bertugas di sana.

Sampaikan keluhanmu dengan perlahan atau apabila memungkinkan tanya siapa yang membuat makanan atau minumanmu tersebut. Jika permasalahan masih tak kunjung usai, coba bertanya untuk bertemu manajer restoran dan sampaikan kejadian yang sebenarnya dengan tenang serta jelas.

3. Sampaikan dengan spesifik

Ketika ingin protesmu didengar dan dijawab oleh para pekerja usahakan untuk tidak berbicara memutar. Sampaikan keluhanmu dengan tegas dan lugas tanpa membawa hal-hal lain ke dalam percakapan kepada pekerja restoran.

Obrolan yang terlalu memutar-mutar akan membuat para pekerja restoran kebingungan. Hasilnya aksi protesmu tidak akan sampai pada tujuan yang ingin disampaikan kepada pekerja restoran.

Baca juga: 10 Dapur Rumah Iis Dahlia, Desainnya Elegan dengan Peralatan Lengkap

Etika protes di restoran lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT