Konsumsi 5 Makanan Alami Ini untuk Kendalikan Kadar Gula Darah

ADVERTISEMENT

Konsumsi 5 Makanan Alami Ini untuk Kendalikan Kadar Gula Darah

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 05:00 WIB
Ilustrasi Cek Gula Darah
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diabetes menjadi penyakit yang bisa dengan mudah menyerang seseorang. Selain makan buah dan sayuran, kadar gula darah tubuh juga bisa dikontrol dengan konsumsi 5 bahan makanan alami ini.

Kondisi diabetes biasanya akan mengubah insulin tubuh dan kadar gula darah. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya gaya hidup kurang sehat.

Biasanya seseorang yang terkena diabetes, sesekali minum obat atau konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Namun sebenarnya, ada juga makanan lain berupa herbal alami yang bisa turut membantu mengatasi hal ini.

Tubuh seseorang yang mengalami diabetes menghasilkan gula yang tidak mencukupi atau menghasilkan insulin secara efektif. Konsumsi bahan makanan alami ini mungkin tidak dapat menjadi obat, tapi setidaknya mengurangi risiko gejala diabetes dan menurunkan komplikasi penyakit lainnya.

Oleh karena itu, penderita diabetes bisa mengonsumsi 5 makanan alami ini untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya. Merangkum ndtv.com (14/11), berikut daftarnya.

1. Jahe

Ilustrasi JaheJahe menjadi obat herbal yang punya sifat anti-diabetes dan hupoplidemik yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Almaje

Jahe adalah herbal yang khasiatnya sudah diakui sejak lama. Banyak pengobatan tradisional mengandalkan tanaman herbal satu ini.

Jahe mengandung beragam nutrisi penting termasuk sifat anti-diabetes, anti-oksidatif, dan hipolipidemik yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi jahe, itu juga akan memberikan manfaat untuk menurunkan oksidasi dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bahkan ramuannya bisa sekaligus menurunkan berat badan. Kamu bisa membuat jahe sebagai wedang yang hangat nikmat.

2. Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah yang sering digunakan dalam suatu masakan. Terlepas dari hal itu, konsumsi kunyit juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-aterosklerotik, yang dapat melindungi jantung hingga membantu menurunkan berat badan untuk membantu penderita diabetes dalam mengendalikan kadar gula darah dan meminimalkan efek penyakit.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT