Kesehatan Paru-Paru Bisa Dijaga dengan Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

ADVERTISEMENT

Kesehatan Paru-Paru Bisa Dijaga dengan Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 06:00 WIB
Ilustrasi paru-paru atau bronkitis
Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri
Jakarta -

Paru-paru menjadi organ penting untuk tubuh. Untuk menjaga fungsinya, coba rutin konsumsi 5 makanan ini.

Setelah melalui masa-masa pandemi Covid-19, banyak orang akhirnya sadar akan pentingnya fungsi paru-paru. Paru-paru harus dijaga kesehatannya untuk melawan infeksi dan menghadapi berbagai macam virus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru mulai dari rutin olahraga, menjauhi merokok, menjauhi diri dari area tercemar, hingga mengonsumsi beberapa macam makanan.

Makanan yang tepat bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan fungsi paru-paru yang sehat. Merangkum ndtv.com (28/11), berikut 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga paru-paru.

1. Kunyit

7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit, Bikin Glowing hingga Cegah DepresiKandungan curcumin pada kunyit memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga fungsi paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz

Kunyit menjadi bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Sebenarnya kunyit punya fungsi lebih dari itu.

Kunyit merupakan bahan herbal yang dapat bekerja sebagai antioksidan kuat dengan efek anti-inflamasinya. Salah satu komponen aktif yang bisa ditemukan dalam kunyit ialah curcumin yang punya manfaat untuk mendukung fungsi paru-paru.

Jika dikonsumsi dengan porsi tertentu, kunyit juga dikatakan mampu menghambat terjadinya peradagang pada saluran napas.

2. Jahe

Selain kunyit, fungsi jahe juga tak kalah baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Secara efisien jahe membantu mengurangi kerusakan paru-paru dan melindungi paru-paru dari kerusakan parah akibat hiperoksia dan peradangan.

Jahe bisa ditambahkan ke dalam makanan yang ingin dikonsumsi. Bisa juga dijadikan campuran dalam teh. Tak begitu sulit meracik teh jahe, kamu bisa mengikuti cara ini.

Baca Juga : Racik Teh Jahe dengan Cara Praktis Ini untuk Penghangat Badan Saat Sahur



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT