ADVERTISEMENT

Racikan Teh Kunyit yang Bisa Obati Flu, Begini Cara Meraciknya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 05:00 WIB
manfaat dan cara membuat teh kunyit
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kunyit tak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan, tapi juga dibuat teh herbal. Teh kunyit ini dapat mengobati flu secara alami, cara membuatnya juga mudah.

Kunyit merupakan salah salah satu jenis rimpang rempah yang umum di Indonesia. Biasanya dijadikan bumbu masakan berkuah santan atau untuk melumuri ayam dan ikan goreng.

Rempah ini juga umum dijadikan obat herbal di Indonesia, disajikan menjadi jamu. Jamu kunyit asem ini biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan berat badan.

Dilansir dari Food NDTV (9/11), kunyit juga bisa diracik menjadi teh. Racikan teh herbal ini disebutkan dapat mengobati flu secara alami. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin agar flu cepat sembuh.

Baca Juga: Cara Bikin Teh Lada Hitam yang Bisa Turunkan BB dan Obati Sakit Tenggorokan

Berikut manfaat dari teh kunyit dan cara membuatnya:

1. Kunyit mengandung curcumin

7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit, Bikin Glowing hingga Cegah Depresimanfaat kunyit Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz

Flu disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi di area pernapasan. Untuk mengobatinya, zat anti-inflamasi sangat dibutuhkan tubuh. Kunyit diketahui mendandung zat anti-inflamasi alami berupa curcumin.

Curcumin adalah zat bioaktif yang dapat melawan peradangan. Oleh karenanya, kunyit bisa dijadikan teh herbal dan dapat dikonsumsi saat sedang flu.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Saat terserang flu, otomatis imunitas tubuh seseorang menurun. Mereka dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, agar imunitasnya kembali meningkat.

Teh kunyit juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dalam sebuah penelitian, kunyit menunjukkan bisa berfungsi sebagai agen imunomodulator yang efektif dengan meningkatkan respon antibodi.

Sistem kekebalan menghasilkan antibodi ini untuk menangkis kuman dan bakteri, seperti flu biasa atau virus influenza. Kandungan kurkuminoid kunyit memiliki aktivitas antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat, membuatnya efektif untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Mimpi Minum Kopi? Ternyata Ini 7 Makna Sesuai Jenis Kopinya



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT