ADVERTISEMENT

5 Cara Makan Sehat Ini Ampuh Cegah Diabetes

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 17 Nov 2022 05:00 WIB
pola makan sehat ala Selena Gomez
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Diabetes tipe-2 merupakan kondisi ketika gula menumpuk pada aliran darah. Kondisi ini tentu membahayakan, karenanya penting untuk mulai menerapkan cara makan sehat seperti ini.

Diabetes tipe-2 menyebabkan seseorang tidak dapat menggunakan insulin, hormon yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai energi. Dengan kondisi diabetes tipe-2, produksi insulin seseorang yang cukup akan terhambat.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan diabetes adalah gaya hidup. Jika ingin terhindar dari penyakit ini, mulailah untuk mengatur gaya hidup yang sehat, termasuk pola makan.

Merangkum healthshots.com (14/11), ahli gizi Rihana Qureshi membagikan beberapa cara makan sehat yang dapat membantu mengelola diabetes.

1. Hindari Gula dan Makanan Bertepung

Ilustrasi TepungMakanan manis dan bertepung bisa memicu penyakit diabetes tipe-2 yang juga mengarah terhadap penyakit obesitas. Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan bertepung, bisa memicu diabetes tipe-2. Makanan tersebut mungkin bisa dipecah menjadi gula tetapi dalam jumlah dan kadar yang berbeda.

Karenanya, Rihana Qureshi menyarankan untuk mengurangi gula, tak hanya gula pasir, tapi juga gula yang ada dalam makanan olahan juga perlu dihindari.

Minuman manis sebaiknya juga tidak dikonsumsi berlebihan, termasuk teh manis atau jus dengan tambahan gula. Melansir everydayhealth.com (04/11/2020), minuman manis hanyalah minuman yang menyediakan kalori kosong dan tidak membantu perut terasa kenyang.

Bahkan, minuman manis ini juga merupakan faktor nyata yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

2. Pilih Karbohidrat Alami

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat BadanPastikan untuk memasukkan karbohidrat alami seperti sayuran hijau ke dalam menu makan harian. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Karbohidrat merupakan sumber makanan yang penting bagi tubuh. Karbohidrat akan menyediakan energi yang bisa dipakai untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tetapi, perlu perhatian khusus dalam mengonsumsi karbohidrat. Menurut ahli gizi, karbohidrat dipecah lebih cepat dalam tubuh, yang menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Hindari karbohidrat kemasan dan olahan seperti pasta, mie, gandum, biskuit , dan lain sebagainya. Lebih baik untuk konsumsi karbohidrat alami yang bisa diperoleh dari sayuran non tepung seperti bayam, kentang, kol, brokoli, dan selada.

Buah-buahan sehat juga bisa dijadikan sumber karbohidrat mulai dari apel, pisang, hingga stroberi.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT