Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 21 Okt 2022 06:00 WIB
Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli Gizi
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Sering diremehkan, minum air putih ternyata juga ada aturan waktunya. Ahli gizi ini menyebutkan waktu terbaik minum air putih dan takaran yang tepat.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah hal paling penting dilakukan. Jika tubuh kekurangan asupan air putih atau air mineral maka semua organ tubuh tidak akan bisa bekerja dengan efektif dan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Seorang ahli gizi terdaftar mengatakan waktu minum air putih juga harus diperhatikan. Ada beberapa waktu yang disebutkan sebagai waktu terbaik minum air putih untuk gantikan cairan tubuh.

Ada takaran konsumsi air putih yang juga disarankan pada waktu-waktu tertentu tersebut. Sarah Kriger selaku ahli gizi terdaftar di St. Petersburg Florida mengungkapkan waktu terbaik dan takaran minum air putih yang benar dan mudah untuk dicontoh.

Berikut ini 7 waktu terbaik untuk minum air putih menurut Everyday Health:

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli GiziMinum air setelah bangun tidur baik untuk membangunkan semua organ tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

1. Setelah bangun tidur

Ketika bangun tidur, tubuh belum sepenuhnya aktif terutama pada organ pencernaan. Krieger mengatakan bahwa tubuh yang baru saja bangun tidur sebenarnya mengalami dehidrasi karena selama berjam-jam saat tidur tidak mendapatkan asupan cairan melalui minuman.

Krieger tidak menyarankan untuk minum kopi di pagi hari apalagi ketika baru bangun tidur dalam kodnisi perut yang kosong. Untuk membangunkan tubuh secara sempurna, Krieger merekomendasikan untuk minum dua cangkir air putih sambil perlahan mengumpulkan fokus.

2. Sebelum makan

Minum air dapat membantu menjaga berat badan agar lebih stabil. Hal ini diungkapkan oleh Melissa Mitri selaku pemilik Melissa Mitri Nutrition bahwa minum air sebelum makan dapat mencegah tubuh menginginkan makanan secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian kecil yang dilakukan, minum air sebelum makan pada pria maupun wanita dapat membuat para partisipan makan lebih sedikit. Disebutkan juga minum air putih yang dingin dapat membantu menekan pencernaan dan mengurangi nafsu makan.

3. Sesudah makan

Melissa Mitri mengatakan bahwa minum air setelah makan adalah salah satu cara yang membantu saluran pencernaan. Terutama ketika mengonsumsi banyak makanan berserat tentunya kamu membutuhkan air minum sebagai pendorongnya.

Makanan tinggi serat akan menyerap air putih dan bergerak bersamaan memasuki saluran pencernaan. Cara ini terbukti ampuh untuk menjaga pencernaan tetap lancar dan tidak membuat sisa makanan tertinggal sehingga menyebabkan konstipasi.

Waktu terbaik minum air putih lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Olahraga Dimana Pun Kini Bisa Bersama Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT