5 Manfaat Bawang Putih untuk Turunkan BB dan Cara Konsumsinya

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Bawang Putih untuk Turunkan BB dan Cara Konsumsinya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 20 Okt 2022 11:30 WIB
Peeled garlic in bowl
Foto: iStock
Jakarta -

Bawang putih umumnya dipakai sebagai bumbu masakan Indonesia. Tetapi bawang putih juga bisa bantu turunkan berat badan. Ini manfaat dan cara konsumsinya.

Bawang putih merupakan salah satu jenis bawang yang teksturnya keras dan beraroma tajam. Sering dipakai sebagai bumbu karena dapat memberikan cita rasa yang kuat dan beraroma sedap.

Selain digunakan pada masakan, bawang putih sejak ratusan tahun dikenal sebagai obat herbal. Biasanya diracik menjadi minuman atau dimakan segar.

Dilansir dari Health Canal (10/6), bawang putih ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Karena bawang berwarna putih susu ini mengandung zat yang dapat memicu metabolisme dan mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Bangkitkan Gairah Seks, Pria Cukup Minum 2 Cangkir Kopi Sehari

Berikut manfaat dari bawang putih yang dapat bantu turunkan berat badan:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

5 Manfaat Makan Bawang Putih Setiap Hari, Jaga Stamina dan Bikin Langsing5 Manfaat Makan Bawang Putih Setiap Hari, Bikin Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Anetlanda

Berat badan bisa dengan turun secara cepat jika mengonsumsinya bawang putih secara teratur. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan metabolisme secara efektif.

Ketika metabolisme meningkat, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk meningkatkan energi. Dengan demikian, proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat.

2. Mengatur Nafsu Makan

Bawang putih juga berkhasiat untuk menekan atau menahan nafsu makan. Saat menjalani diet tentunya harus mengurangi asupan makanan. Meskipun hal ini akan membuat perut lapar.

Untuk mengurangi rasa lapar, kamu bisa memperbanyak konsumsi bawang putih. Karena menekan nafsu makan, pada akhirnya membantu dalam menjaga asupan kalori.

3. Membakar Lemak

Salah satu zat yang terkandung dalam bawang putih adalah sulfur. Zat tersebut sangat efektif dalam proses pembakaran lemak.

Terutama pada lemak perut yang membuat terlihat buncit. Kamu akan memiliki perut yang langsing kalau rutin mengonsumsi bawang putih. Manfaat bawang putih yang bisa membakar lemak ini juga sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian.

Baca Juga: 7 Tips Diet Caca Tengker, Adik Nagita Slavina yang Turun BB 12 Kg

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT