ADVERTISEMENT

Hari Diabetes Sedunia 2022: Ini 8 Sayuran Terbaik untuk Penderita Diabetes

Riska Fitria - detikFood
Senin, 14 Nov 2022 13:00 WIB
Hari Diabates 2022
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Selain harus mengurangi asupan gula dan karbohidrat, penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi sayuran kaya serat untuk kendalikan gula darah.

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 November. Hari Diabetes Sedunia dibentuk oleh WHO dan IDF untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman dan bahaya diabetes.

Pada tahun ini, Hari Diabetes Sedunia bertema 'Access di Diabetes Care' yang artinya adalah akses ke perawatan diabetes. Perawatan diabetes bisa dilakukan dengan menjaga pola makan agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Dikutip dari Eating Well (28/09/21) berikut 8 sayuran yang baik untuk penderita diabetes.

1. Wortel

Apakah wortel boleh dikupasSelain tinggi serat, wortel juga kaya akan vitamin A yang baik untuk mata. Foto: Getty Images

Ahli diet Weisenberger menyarankan untuk mengonsumsi wortel sebagai sayuran berserat tinggi dan mengenyangkan. Selain tinggi serat, wortel juga kaya akan vitamin A yang baik untuk mata.

Dalam 100 gram wortel mengandung 2,8-3 gram serat dan 7,1 mikrogram vitamin A.

2. Brokoli

Tak hanya membuat kenyang, serat yang terkandung dalam brokoi juga berperan sebagai prebiotik. Menurut Weisenberger itu membantu metabolisme glukosa dan kolesterol.

Serat yang terkandung dalam 100 gram brokoli adalah sebanyak 3,3 gram. Selain itu, ada sekitar 72% vitamin C dan 90% kandungan air.

Baca Juga: Nasi Dingin Baik untuk Penderita Diabetes dan Turunkan BB, Ini Faktanya

3. Zucchini

Menurut studi tahun 2017 di Nutrients, zucchini sangat tinggi akan karotenoid. Itu adalah senyawa yang mendukung kesehatan jantung dan dapat melindungi kanker tertentu.

Weisenberger juga mengatakan bahwa zucchini sangat tinggi serat dan rendah kalori, sehingga bagus untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Kandungan serat dalam 100 gram zucchini adalah sekitar 1,1 gram. Selain itu, juga terdapat 33 mg magnesium dan 93 mg fosfor.

4. Kol

Fresh green cabbage cross section with water drops on rustic wooden cutting board, kitchen knife in forground. Close up, selective focusDalam 100 gram kol memiliki kandungan serat sebanyak 3,4 gram. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dejan Kolar

Kol tinggi akan vitamin C yang secara positif dapat memengaruhi kesehatan jantung, menurut studi tahun 2020 di Jurnal Antioksidan. Selain itu, juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Dalam 100 gram kol memiliki kandungan serat sebanyak 3,4 gram. Kemudian juga ada kandungan vitamin C sebanyak 16 miligram dan kalium sebanyak 100 mg.

5. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Bayam juga kaya akan zat besi yang merupakan kunci aliran darah yang sehat, seperti yang diungkap oleh studi di Jurnal Nutrisi 2020.

Peneliti menyebutkan bahwa bayam mengandung membran yang disebut tilakoid. Membran itu berperan menampung zat yang dapat membantu sensitivitas insulin.

Dalam 100 gram bayam mengandung 2,8 gram serat. Selain itu, ada kandungan air sebanyak 91% dan 2,9 gram protein.

Baca Juga: 5 Buah Rendah Gula Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT