5 Buah Rendah Gula Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

ADVERTISEMENT

5 Buah Rendah Gula Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 07 Okt 2022 05:00 WIB
Buah rendah gula
Foto: Getty Images
Jakarta -

Buah tergolong makanan sehat yang punya banyak nutrisi. Meskipun begitu, penderita diabetes tetap harus memilih buah terbaik, seperti 5 buah ini.

Buah menawarkan banyak manfaat dan nutrisi penting seperti vitamin A, potassium, dan serat tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh hingga melancarkan pencernaan.

Tetapi, para penderita diabetes tetap harus memilih buah yang paling cocok untuk dikonsumsi. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula tinggi dan beberapa justru mengandung gula lebih rendah.

Untuk menghindari lonjakan kadar gula darah, sebaiknya penderita diabetes membatasi asupan buah-buahan dengan gula tinggi seperti pisang dan mangga.

Lebih baik untuk memilih buah-buahan dengan kadar gula rendah. Jika penderita diabetes mengonsumsi buah rendah gula bakal membantu mereka untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan manfaat dari buah sekaligus membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah rendah gula ini.

Berikut daftarnya:

1. Jeruk

Mengenal jeruk Kintamani yang dikembangkan oleh sebagian besar penduduk di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Apa saja keunggulannya?Jeruk menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jeruk kaya akan vitamin C yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Foto: Istimewa/itdc

Jeruk menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jeruk kaya akan vitamin C yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sementara, dalam satu buah jeruk hanya ada kandungan gula sebesar 12 gram dan 70 kalori. Jeruk juga mengandung potasium dan folat yang akan membantu dalam menetralkan tekanan darah.

2. Lemon

Masih dalam jenis buah-buahan citrus, lemon tak kalah cocok dikonsumsi penderita diabetes. Dalam satu buah lemon mengandung sekitar 6 gram karbohidrat dengan 19 kalori.

Lemon juga kaya vitamin C yang mampu menurunkan risiko potensial terkena penyakit komplikasi diabetes, termasuk penyakit jantung kronis.

Jika lemon utuh dirasa terlalu asam, buah ini bisa dimakan bersama campuran lain seperti madu atau teh.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT